Desa Aliantan – Rohul Terpilih Masuk Anugerah Desa Wisata Indonesia

359 views

ROKAN HULU, Riauandalas.com – Kini Desa Aliantan berhasil masuk kedalam 300 besar Desa Wisata pada Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 dari 34 Provinsi di Indonesia

Untuk diketahui Desa Wisata diluncurkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Desa Aliantan merupakan sebuah Desa yang terletak di Kecamatan Tandun Kabupaten Rokan Hulu yang berhasil merubah citra menjadi Desa Wisata

Objek Wisata di Desa Aliantan, Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau memiliki panorama dan pemandangan alamnya memanjakan para wisatawan, seperti Objek Wisata Suligi Hill Aliantan yang juga pernah meraih Juara 1 Anugerah Pesona Indonesia (API) tingkat Nasional Tahun 2019.

Pada Tahun 2021 ini, Objek Wisata di Desa Aliantan ini kembali mampu bersaing dengan Sejumlah Desa di Indonesia yang memiliki potensi wisata bagus, dan Desa Aliantan ditetapkan masuk dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2021.

Hal ini diumumkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, Dia merilis 300 besar desa wisata yang masuk dalam ajang Anugerah Desa Wisata (ADWI) 2021.

Termasuk Desa Alianan Rohul, untuk diketahui di Riau ada 8 desa wisata yang masuk dalam perhelatan Penganugerahan Desa Wisata tersebut.

Adapun 8 desa Wisata di Riau yang masuk dalam ADWI 2021 adalah Desa wisata Aliantan, Kabupaten Rokan Hulu. Desa Wisata Teluk Rhu, Kabupaten Bengkalis, Desa wisata Koto Mesjid, Kabupaten Kampar,

Kemudian, Desa Wisata Bangko Mukti, Kabupaten Rokan Hilir, Desa Wisata Dayun, Kabupaten Siak, Desa wisata Tabing Tinggi Okura, Kota Pekanbaru, Desa wisata Bono, dan Desa wisata Kuala Terusan, di Kabupaten Pelalawan.

Kepala Desa Aliantan M. Rois Zakaria SE mengatakan sangat bersyukur Desanya bisa mewakili Kabupaten Rokan Hulu dalam ADWI 2021 “Ini merupakan momentum baik untuk mempromosikan Wisata Rohul dikancah Nasional.

“Harapan kita termasuk bisa mewakili Riau ke level Nasional dan juga mewakili Kabupaten Rokan Hulu, Kita berharap dengan masuknya Aliantan dalam Desa Wisata Indonesia, ada perhatian khusus Pemerintah Pusat dalam menunjang infrastruktur, sarana dan prasarana objek wisata khususnya di Desa Aliantan,” harapnya

Rois menambahkan yang paling urgen untuk Pembagunan infrastruktur seperti pembangunan tangga semenisasi dan taman-taman bunga disekitar bukit Suligi Hill untuk membuat daya tarik pengunjung wisatawan mancanegara dan wisatawan lokal.

“Jadi data objek wisata desa yang kita kirim ke Pusat seperti Objek Wisata yang viral Suligi Hill 812 MDPL, Air Terjun Goa Garuda Dan Kolam Renang anak-anak. Jumlah Goa yang kita miliki sebenarnya 11 Goa, yang baru kita Explore Baru Satu Goa yaitu Goa Garuda, Air Terjun ada 11 Titik dan yang baru kita Explore yaitu Air Terjun Sikubin Tiga Tingkat,” jelas Rois

Berdasarkan data Kemenparekraf tahun 2021, tercatat lebih dari 70.000 desa yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Melalui ADWI 2021, dalam mewujudkan desa wisata berkelas dunia, berdaya saing, berkelanjutan untuk Indonesia Bangkit, sebanyak 1.831 peserta desa wisata telah mendaftar dari 34 provinsi di Indonesia.

Rangkaian ADWI 2021, sudah sampai tahap kurasi. Berdasarkan penilaian dewan kurator terhadap 7 kategori penilaian, klasifikasi desa wisata dan kelengkapan data melalui website jadesta.com (Jejaring Desa Wisata).

Sehingga ada 300 besar desa wisata Anugerah Desa Wisata 2021 dari seluruh Indonesia, siap menjadi pionir dalam kebangkitan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja dalam kegiatan Anugerah Desa Wisata Indonesia.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Roni Rakhmat menuturkan, bahwa ada 41 desa wisata di Riau yang ikut serta ADWI 2021. Namun, hanya 8 desa wisata yang berhasil lolos kurasi.

“Dewan kurator telah melakukan terhadap 7 kategori penilaian yakni, CHSE, Toilet, Suvenir (Kuliner, Kriya, Fesyen), Homestay, Daya Tarik Wisata, Digital dan Konten Kreatif. Alhamdulillah ada 8 desa wisata di Riau yang lolos dari penilaian,” ujar Kadispar Riau, Roni Rakhmat.

Ia memaparkan, Riau memiliki 1.859 desa/kelurahan. Dari jumlah ini, sebanyak 121 desa telah dicanangkan sebagai desa wisata dengan kategori alam, budaya, ekonomi kreatif, buatan, dan dengan produk wisata atraksi, edukasi, kuliner dan lainnya. ***(Alfian -Kominfo)

Tidak ada Respon

Komentar ditutup.