Program Bupati Rohil, DLH Siap Gali 6 Kilo Parit Dibagan Jawa

270 views

Rokan Hilir, Riau Andalas Com – Menindak Lanjuti Program Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong Mengantisipasi Rumah warga terendam banjir atau kebakaran hutan Dan Lahan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Rokan Hilir Langsung Turun Kelokasi Jalan Makmur Ujung, Kepenghuluan Bagan Jawa, Kecamatan Bangko, Minggu 25 Juli 2021.

Kedatangan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Rokan Hilir Ke Jalan Makmur Ujung Itu Didampingi Datuk Penghulu Bagan Jawa Markasim SE, Ketua RT Dan Sejumlah Masyarakat Setempat Untuk Menurunkan Alat Berat Beko Penggalian Parit Lebih kurang 6 Kilo.

Dalam Kesempatannya Datuk Penghulu Bagan Jawa Markasim SE Mengatakan Hari ini Dirinya Bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Turun Kelokasi atas perintah Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong.

“kami turun dengan Pak Suwandi kepala DLH untuk menginginkan Beko dimana kalau musim hujan banjirnya yang luar biasa, Insa Allah di lokasi bagan Jawa beko ketiga ini program Bupati digali kembali,”Jelasnya.

“Jadi pak Suwandi juga melihat lokasi ini, hari ini yang kedua kali kami Turun kemarin kami turun dari jalan Satria tangko, hari ini kami turun Dari Jalan makmur,”Tambahnya.

Kata Markasim dilihat dari kondisi Parit Yang Semak Dan Tumpat itu alat berat Beko dimasukkan dari Jalan makmur.

Dia juga meminta pengertian seluruh masyarakat Bagan Jawa karena penggalian itu merupakan program Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong.

“Mari kita dukung sepenuhnya, Bupati sudah menyiapkan alat kemudian minyak kami akan menyiapkan, nanti jaga malamnya dan masalah keamanan kita yang mengatur,”Imbuhnya.

Lanjutnya masalah penggalian nantinya pihaknya Akan melakukan sosialisasi di masyarakat.

“Mungkin ada tanaman masyarakat, kami berupaya semaksimal mungkin Dan ini tanggung jawab Kami,”Ungkapnya.

Ia juga menjelaskan Di itung – itung dari Parit pekuburan lebih kurang 3 kilo dimulai dari beko 3 yang akan mau digali.

Menurutnya Dengan program Bupati baru ini pihaknya Dan masyarakat merasa bersyukur, bahkan kalau digali mungkin setidak – tidaknya masyarakat dapat bercocok tanam kembali.

“Bagan Jawa ini kan beda dengan bagan Jawa pesisir kalau bagan Jawa pesisir diuntungkan dua sektor, pertama pertanian dan kelautan. kami ini Daerah restorasi gambut jadi kalau musim kemarau Kami memang waspada betul tentang kebakaran,”Imbuhnya.

Dia juga mengatakan bahwa Kapolsek Bangko juga pernah menghimbau pada masyarakat Tentang kebakaran hutan dan lahan Dibagan Jawa Itu.

“Insa Alalh Mesinnya Kami Siapkan dan api pun kami jaga juga,”Sambungnya.

Suksesnya Program Penggalian Nantinya berharap juga masyarakat bisa mengeluarkan hasil sawitnya.

“Apalagi Nanti kami bisa bercocok tanam, program Bupati ini kami dukung sepenuhnya dan masyarakat nanti mungkin ekonominya lebih baik lagi,”Tutup Markasim.

Sementara Itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Rokan Hilir Suwandi S,Sos Mengatakan  2 tahun terakhir ini pihaknya melakukan normalisasi yang ada di kecamatan Bangko.

“Apalagi pada saat musim hujan Kasihan terendam sawit yang banyak mati, pertanian juga banyak yang terendam,”Katanya.

“Alhamdulillah kemarin Pak Bupati sudah perintahkan kami untuk koordinasi dengan penguhulu Bagan Jawa makanya hari ini kami turun untuk mengatur teknis pelaksanaan kegiatan secara kedinasan,”Jelas Suwandi.

Suwandi menegaskan bahwa pihaknya siap mendukung semua program yang dijalankan oleh Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong.

“kita sekarang berharap di kecamatan Bangko khususnya pada saat musim hujan tidak lagi ada rumah warga terendam apalagi kerentanan sampai berbulan-bulan kasihan kita,”Ungkapnya.

Kata Suwandi hari ini pihaknya siap untuk meninjau lokasi dari mana dimulai pelaksanaan kegiatan Penggalian nantinya.

Dia meminta pihak desa untuk mensosialisasikan ke masyarakat lantaran melihat dari jalan masuk Kelokasi banyak tanaman masyarakat, ada pisang, sawit dan sebagainya.

“Yang kedua juga penjaga malamnya, gambarnya di Medan yang cukup berat yaitu perubahan yang banyak, sedangkan dari dinas menyiapkan alat berat operasionalnya. Mudah Mudahan Minggu depan alat beratnya sudah beroperasi,”Pungkasnya (Said)***

 

Tidak ada Respon

Komentar ditutup.