Terima Kunker Kemenpan RB, Gubri Paparkan Reformasi Birokrasi Riau

123 views

PEKANBARU,Riauandalas.com – Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar menerima kunjungan kerja (Kunker) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) RI dalam rangka monitoring persiapan hub Jaringan Inovasi Pelayanan Publik (JIPP) pada Pemerintah Daerah (Pemda) 2021.

Gubri menerangkan untuk itu hakikat reformasi birokrasi telah sesuai dengan misi Gubernur dan Wakil Gubernur Riau yaitu wujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan prima berbasis teknologi informasi.

Lebih lanjut, ia mengatakan sesuai dengan ditetapkannya keputusan Menpan RB RI  Nomor 359 Tahun 2021 tentang Hub JIPP pada Pemda Tahun 2021.
Diungkapkannya bahwa Provinsi Riau telah ditetapkan sebagai salah satu Hub JIPP Tahun 2021 dan pernyataan penetapan tersebut diserahkan langsung oleh Deputi bidang Pelayanan Publik Kemenpan-RB RI, Diah Natalisa, di Gedung Daerah Balai Serindit, (30/04).

“Kami pemerintah Provinsi Riau akan segera membentuk tim pelaksana jaringan inovasi pelayanan publik tingkat provinsi dan mempersiapkan regulasi terkait dengan pelaksanaannya,” kata Gubri.

Selain itu, pihaknya juga akan melakukan sosialisasi kepada perangkat daerah baik di Provinsi Riau maupun di pemerintah kabupaten dan juga memberikan fasilitasi pemerintah kota untuk melaksanakan hub JIPP.

Ia menyampaikan bahwa berbagai upaya telah dilakukan Pemprov Riau untuk terus mendorong peningkatan pelayanan publik diantaranya pertama, sebagai tim evaluator penyelenggara pelayanan publik di kabupaten dan kota di lingkup Provinsi Riau.

Kedua, melakukan pendampingan persiapan penilaian kepatuhan standar pelayanan bagi perangkat daerah lingkup Provinsi Riau bersama Ombudsman Perwakilan Daerah. Ketiga, sebagai admin lokal sistem inovasi pelayanan publik dalam kompetisi pelayan publik yang diselenggarakan oleh Kementerian PAN-RB RI.

Keempat, dengan penetapan Riau sebagai jaringan inovasi publik. Kelima, pencanangan zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani yang merupakan salah satu upaya peningkatan pelayanan publik.

Dengan tahapan upaya peningkatan pelayanan publik ini. Syamsuar menyebutkan bahwa Pemprov Riau akan tetap melakukan berbagai upaya untuk percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik dengan mendorong tumbuhnya model-model pelayanan yang inovatif.

“Karena diharapkan dengan munculnya ide-ide kreatif dalam pelayanan publik dapat mempercepat peningkatan kualitas pelayanan publik,” tuturnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Deputi bidang Pelayanan Publik Kemenpan-RB RI Diah Natalisa, Staf Ahli Kemenpan RB Imanuddin, Asisten III Setdaprov Riau Syahrial Abdi, Direktur RSUD Arifin Achmad Pekanbaru dr Nuzelly Husnedy, Karo Ortal Setdaprov Riau Kemal, dan undangan lainnya.(dre)

Tidak ada Respon

Komentar ditutup.