4 Atensi Padam I BB Untuk Pengamanan Kunker Presiden ke Riau

153 views

PEKANBARU,Riauandalas.com-Pimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan Kunjungan Kerja (Kunker) Presiden RI, Joko Widodo ke Pekanbaru-Riau, Selasa (18/5) dihalaman Kantor Gubernur Riau, Pangdam I Bukit Barisan (BB), Mayjen TNI Hassanudin SIp MM, sampaikan Empat (4) Atensi pengamanan pada Satgas-PAM.

Adapun 4 Atensi tersebut adalah, Pertama, terkait tugas pengamanan yang merupakan tugas kehormatan. Untuk itu harus dilaksanakan dengan penuh kesungguhan, penuh rasa tanggung jawab serta pahami tugas dan pedoman prosedur tindakan dilapangan.

Kedua, terkait tingkat kepekaan terhadap segala kemungkinan yang dapat dimanfaatkan oleh pihak lain untuk mengganggu kelancaran pengamanan.

Ketiga, terkait chek and richek sampai detik terakhir sebelum, selama dan sesudah VVIP atau Presiden RI, Joko Widodo menuju objek yang di tuju.

Keempat atau terakhir, terkait koordinasi yang harus ditingkatkan sebaik-baiknya dengan seluruh tim, agar kendala yang mungkin timbul dapat segera diatasi sedini mungkin.

Menurut Pangdam I BB, Mayjen TNI Hasanuddin Sip, MM, operasi pengamanan VVIP tersebut, bertujuan dalam menjamin keamanan, keselamatan dan kenyamanan VVIP serta menjamin keamanan wilayah yang menjadi objek kunjungan VVIP setiap saat. Dimana pengamanannya dilakukan oleh TNI-Polri bersama Institusi terkait secara terpadu.

“Ancaman terhadap VVIP, bukan hanya ancaman terhadap keselamatan dan keamanan pribadi VVIP saja, namun juga ancaman yang dapat menjatuhkan kehormatan dan kedaulatan negara, martabat serta kewibawaan pemerintah,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui tambah Pangdam, ancaman gangguan keamanan ini seiring dengan perkembangan teknologi dari waktu ke waktu yang semakin kompleks dan dinamis. Untuk mengetahui sejauh mana tingkat pengamanan itu, maka dilakukan Apel Gelar Pasukan dengan melakukan pemeriksaan serta pengecekan kesiapan masing-masing Satgas-PAM secara keseluruhan. Baik ditingkat personil maupun sarana dan prasarana pendukung pengamanan.

“Saya selaku PANGKOGASGABPAD Pengamanan VVIP, harus dapat meyakini bahwa tiap-tiap Satgas sudah memiliki kesiapan operasional yang mampu menangkal berbagai kerawanan dan kontijensi yang diprediksi dapat terjadi. Terutama dilokasi-lokasi yang akan dikunjungi VVIP,” katanya.

Pangdam mengharapkan, pelaksanaan pengamanan VVIP ini, agar lebih ditingkatkan koordinasi dan kerjasama yang terencana, terarah dan terkendali dengan tetap berpedoman pada prosedur pengamanan VVIP. Baik secara lansung maupun tidak lansung.

“Sehingga sasaran dan tujuan pengamanan dapat dicapai dengan maksimal dan sukses,” harapnya.

Sebagai informasi Apel Gelar Pasukan Pengamanan Kunker Presiden RI tersebut, juga dihadiri Gubernur Riau (Gubri), H Syamsuar, Kapolda Riau, Irjen Pol, Agung Setia Imam Efendi SH SIK MSI, Danrem 031 Wira Bima Brigjen TNI M Syech Ismed SE M Han, Danlanud Roesmin Nurjadin, Danlanal Dumai, Kabinda, angggota DPRD Riau, Forkopinda Riau serta beberapa tamu undangan lainya.(dre)

Tidak ada Respon

Komentar ditutup.