Tak Ada Alasan Daerah Tidak Miliki Perpustakaan dan Arsip

Tidak ada komentar 581 views

images
Pekanbaru,Riauandalas.com -Ketua Komisi E DPRD Riau Masnur, sesalkan hingga kini masih ada daerah di Riau yang belum miliki Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi. Pasalnya, Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi sangat penting dan wajib bagi daerah. Terutama dalam pengenalan sejarah dokumen lainya yang merupakan gudang untuk informasi.
“Ini yang harus dipertanyakan pada pimpinanya, apa alasan mereka tidak meiliki perpustakaan, arsip dan dokumentasi itu. Apa lagi untuk hal itu ada anggaranya,” kata Masnur.
Menurutnya, tidak adanya perpustakaan, arsip dan dokumentasi di daerah tersebut juga salah satu penyebab terjadinya konflik di daerah. Karena masyarakat tidak tahu terkait dokumen-dokumen yang dimiliki daerah. Seprti yang terjadi di lima desa Kebupaten Kampar sebelumnya, yang intinya masyarakat tidak tau sejarah dan dokumen lima desa tersebut.
“Untuk itu kembali mempertanyakan pada pemerintah terkait penyajian perpustakaan ini. Karena sesuai data Riau perpustakaan masih segelintir di sekolah dan itupun kurang efektif,” ujarnya.
Lebih jauh katanya, selaku komisi yang juga membidangi perpustakaan arsip dan dokumentasi ini, ia akan mengkoordinasikan dan membahas bagaimana pemerataan perpustakaan kedepan di daerah. Agar kebutuhan pengetahuan pada masyarakat bisa maksimal. Sehingga dampak-dampak negatif seprti komflik didaerah bisa teratasi.
“dalam pemerataan itu juga harus ada dukungan dari pusat, sehingga dokumen ataupun lainya benar-benar lengkap sesuai sejarah dan dokumen negara maupun daerah,” tutur Masnur.(Hendri)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Tak Ada Alasan Daerah Tidak Miliki Perpustakaan dan Arsip"