Sekolah Marginal, Disdikbud Riau Hanya Tingkat Fasilitas

Tidak ada komentar 927 views

“Kelanjutan tanggung jawab kabupaten/kota
images (120)
Riauandalas.com-Terkait sekolah Marginal. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Riau hanya sebatas memfasilitasi. Sedangkan untuk sistim pembelanjaran kelanjutan dinaungi sekolah induk kabupaten/kota.

Hal itu disampaikan kepala Dinas pendidikan dan kebudayaan (Disdikbud) Riau Dr kamsol MM. Menurutnya, jika sekolah merginal itu bertujuan untuk wilayah-wilayah yang jauh dari jangkauan perkotaan yang sistimnya buka kelas. Sedangkan untuk gurunya diperbantukan dari sekolah yang menjadi induk bagi sekolah marginal dimaksud.

“Sekolah marginal itu masih bisa dikategorikan kelompok, yang bisa belajar dimana saja, seperti balai desa ataupun di mushollah atau lainya. Dimana tujuanya untuk membantuk pendidikan pada masyarakat yang memang jauh dari jangkauan sekolah,” kata Kamsol kepada Riauandalas.com Rabu (30/3).

Lebih detil kata Kamsol, siswa sekolah marginal terdaftar sebagai sekolah induk tempat bernaung. Sehingga apapun identitas siswa tetap mengikuti induk termasuk Ijazah yang dikeluarkan sekolah induk.

Namun jika siswa di sekolah tersebut terus berkembang dan daerahnya juga sudah berkembang, maka pembangunan sekolah bisa diajukan, dan itu merupakan tanggung jawab kabupaten/kota untuk mengajukan dan membangun sekolah di wilayah itu. Begitu juga sebaliknya jika belum tetap diberikan fasilitas pendidikan dan memberikan guru pada sekolah.

“Untuk itu kambali pada peran pemerintah dalam memberikan perhatian dan penilaian, apa lagi sekolah sekolah marginal itu sifatnya sementara, kalau memang sudah bisa dikembangkan bisa segera dilaksanakan,” tutur Kamsol.(dri)***

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Sekolah Marginal, Disdikbud Riau Hanya Tingkat Fasilitas"