Kadisparekraf Optimis Wista Riau Pilhan Wisatawan

Tidak ada komentar 565 views

Tingkatkan PAD

foto Internet

foto Internet

Pekanbaru,Riauandalas.com– Kepala Dinas Pariwiata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Riau, optimis parwisata Riau mampu tingkatkan Pendapatan Anggaran Daerah (PAD) kedepan. Hal tersebut dilihat dari peningkatan pengunjung wisata Riau saat ini. Tambah lagi dengan wacana Riau dalam menuju pusat wisata kedepan.

“Sesuai wacana kita sebelumnya, kedepan Riau akan lebih mengutamakan pada tingkat wisata, karena ketergantungan Riau selama ini pada minyak maupun perkebunan tidak akan bisa dipertahankan selamanya. Buyktinya saja kondisi saat ini yang terus mengalami penurunan,” kata Fahmizal Jumat (18/3).

Terkait peningkatan PAD dari wisata tersebut, katanya, Pemerintah Provinsi (Pepmprov) Riau akan terus mengembangkan wisata yang dimiliki kabupaten/kota. Seperti candi Muara takus, Bono, bakar tongkang, pacu jalur dan lainya. Adapun pengembangan dimasud akan dengan mendorong inovasi-inovasi produk yang dimiliki pariwisata yang akan dijual pada wisatawan.
“Dan untuk pengembangan itu Pemrov Riau akan memberikan fasilitas-fasilitas pendukung. Diantaranya, fasilitas infrastruktur jalan selaku pendukung lokasi pariwisata,” katanya.
Selain itu katanya, disamping mengedepankan pariwisata, Pemprov juga akan mengembangkan ekonomi kreatif pada masyarakat. Seperti karya-karya maupun kuliner yang merupakan ciri khas Riau. Karena pariwisata itu tidak lepas dari kuliner maupun penyajian karya-karya masyarakat menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan.

“Kita juga akan memfasilitasi pengembangan ekonomi kratif ini, karena jika sudah berjalan lancar, secara otomatis kedepanya juga akan menjadi penghasilan bagi masyarakat dan juga untuk daerah. Karena, semakin banyak daya tarik yang disajikan untuk wisatawan ini akan meningkatkan pada kunjungan. Sehingga secara otomatis akan meninkatkan pada kemasukan untuk daerah,” jelasnya.

Lebih jauh kata Fahmi, saat ini ia bersama pihaknya dalam proses penonjolan parwisata yang ada di perkotaan. Dimana potensi wisata yang diperkotaan tersebut dengan sendirinya juga memiliki kelebihan yang tampa disadari mampu menjadi daya tarik oleh wisatawan. Seperti yang berada di Kota Pekanbaru yang sampai saat ini wisatawan masih membanggakan pasar bawah, jalan karet dan lainya untuk lokasi kunjungan.
“Lokasi ini tidak hanya di kenal oleh wisatawan lokal, tapi juga wisatawan asing. Dimana jika ke Pekanbaru mereka tidak lupa mampir ke pasar bawah untuk mencari oleh-oleh,” tutur Fahmizal berharap dalan waktu dekat Riau bisa jadi kota wisata yang menjadi impian oleh para wisatawan.(dri)***

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Kadisparekraf Optimis Wista Riau Pilhan Wisatawan"