DPRD Dumai Ingin Proyek Jalan Lingkar Dituntaskan

Tidak ada komentar 886 views

DUMAI,RIAUANDALAS.COM-Komisi III DPRD Kota Dumai berharap pemerintah pusat segera menuntaskan pembangunan ruas jalan lingkar Parit Kitang di Kecamatan Dumai Barat untuk mendukung arus kendaraan angkutan barang.

Sekretaris Komisi III DPRD Dumai Johannes Tetelepta menilai jalan lingkar tersebut solusi tepat untuk mengurai antrian kendaraan di Jalan Wan Amir menuju kawasan industri di Kelurahan Lubuk Gaung Kecamatan Sungai Sembilan.

“Kita akan berupaya melobi pemerintah pusat mendapatkan porsi anggaran penyelesaian jalan lingkar parit kitang karena sebelumnya kementerian pekerjaan umum telah berjanji,” katanya kepada pers.

Menurut dia, penyelesaian jalan lingkar ini akan menjawab keresahan masyarakat terkait arus lalu lintas di Jalan Wan Amir yang dipadati antrian kendaraan angkutan barang dan menganggu kenyamanan pengguna jalan lain.

Karena itu dia meminta dukungan masyarakat agar perjuangan melobi pemerintah pusat mendapat prioritas dana pembangunan jalan ini bisa berhasil sehingga dapat memecahkan persoalan.

Sementara, Kepala Dinas Perhubungan Dumai Bambang Sumantri menyebutkan, berdasarkan rapat kerja dengan Komisi III DPRD dan Satlantas Polres setempat diputuskan tiga kesepakatan mengatasi permasalahan parkir kendaraan di Jalan Wan Amir.

Adapun kesepakatan itu, ditetapkan area parkir kendaraan angkutan menuju pabrik industri hanya boleh di bahu atau bawah jalan, kemudian meningkatkan patroli bersama kepolisian lalu lintas di kawasan itu untuk kelancaran dan penertiban.

“Selain itu kita bersama DPRD akan mendesak pemerintah pusat untuk merealisasikan komitmen mempercepat penyelesaian jalan lingkar Parit Kitang supaya kenyamanan masyarakat pengguna jalan tidak terganggu,” ujarnya.

Menurutnya, pelaksanaan patroli rutin dengan kepolisian juga bertujuan untuk menertibkan aktivitas pungutan liar yang kerap dikeluhkan supir dan masyarakat di ruas jalan Wan Amir tersebut.

Tujuan rapat bersama lintas lembaga ini dalam rangka menciptakan ketertiban aktivitas kendaraan angkutan barang agar tidak menganggu kenyamanan dan keselamatan masyarakat umum di ruas jalan tersebut.

Sebelumnya diberitakan akibat antrian kendaraan pengangkut CPO di Jalan Wan Amir menimbulkan kemacetan di ruas tersebut dan dikeluhkan masyarakat Kecamatan Dumai Barat dan Sungai Sembilan.

Diketahui, di kawasan industri Kelurahan Lubuk Gaung Kecamatan Sungai Sembilan berdiri sejumlah perusahaan industri pengolah minyak kelapa sawit, seperti PT SDS, Inti Benua Perkasatama, Ivo Mas Tunggal, Pacifik Indo Palm dan lain sebagainya.(*)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "DPRD Dumai Ingin Proyek Jalan Lingkar Dituntaskan"