Tertibkan Pelajar Dumai Bermotor, Polres-Disdik Tingkatkan Koordinasi

DUMAI Riauandalas.com-Satuan Lalu Lintas Polres Dumai Riau bersaa Dinas Pendidikan meningkatkan koordinasi dalam rangka penertiban pelajar bermotor guna mengantisipasi kecelakaan di jalan raya.

Kepala Satlantas Polres Dumai AKP Dheni Saputra, Sabtu mengatakan, diharapkan koordinasi ini nantinya Disdik lebih intensif menyosialisasikan aturan berkendara di jalan umum kepada pelajar yang membawa sepeda motor.

"Juga untuk mencegah terjadinya kecelakaan di kalangan pelajar yang bermotor karena kurang pengetahuan tata tertib lalu lintas dan belum cukup usia berkendara," katanya.

Dia berharap instansi pendidikan dapat mengeluarkan kebijakan lebih kompherensif, baik ke sekolah maupun pelajar terkait upaya penertiban maupun edukasi aturan lalu lintas.

Kepolisian juga akan intensis turun ke sekolah memberikan pemahaman tata tertib lalu lintas kepada pelajar agar bisa meningkatkan kesaadaran pentingnya mengutamakan keselamatan.

"Sosialisasi ke sekolah dapat dilakukan dengan menjadi pembina upacara senin pagi, dan kegiatan ini sudah dijalankan sebelumnya secara rutin," katanya.

Peran orang tua diharapkan agar lebih ketat mengawasi anak membawa kendaraan ke sekolah asal sudah cukup usia dan menerapkan disiplin berlalu lintas di jalan raya, seperti melengkapi dokumen dan faktor keselamatan lain.

Diketahui, kejadian kecelakaan lalu lintas di jalan raya Dumai menyebabkan sejumlah pelajar meninggal dunia karena tidak mengindahkan peraturan di jalan raya.

Sebelumnya, Kepala Disdik Dumai Syaari telah meminta sekolah untuk memberikan pemahaman taat aturan lalu lintas kepada para pelajar bermotor agar terhindar dari kecelakaan.

"Selain itu diingatkan juga agar peserta didik tidak sembarangan saat berkendara demi keselamatan diri dan orang lain," katanya.(*)
///////////////////////


Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Tertibkan Pelajar Dumai Bermotor, Polres-Disdik Tingkatkan Koordinasi"