Wujudkan Smart City Madani, Kelurahan Tangkerang Barat Andalkan Ranah Online


Untuk Rangkul Kawula Muda

PEKANBARU,Riauandalas.com– Seiring makin banyaknya penggunaan media online saat ini membuat komunikasi penduduk dan pemerintah kian mudah.
Sehingga hal itu juga berlaku untuk di lingkungan administrasi lebih kecil, semisal di tingkat kelurahan.
Lurah Tangkerang Barat, Edi Wardila, kepada wartawan mengatakan, bahwa pihaknya memang memberikan perhatian untuk ranah online. Pilihan tersebut didasari oleh beragamnya sarana komunikasi, yang digunakan warga perkotaan.
“Setiap segmen penduduk kan ada medianya. Kaula muda biasanya memilih media online (media sosial) untuk komunikasi. Nah, kita ingin membangun eksistensi disana,” ujar Edi , Rabu (21/2).
Edi memaparkan kehadiran pemerintah di ranah online, merupakan bagian dari smart government yang tengah digaungkan Pemerintah Kota Pekanbaru.
Hadirnya pemerintah di ranah tersebut membuat jarak komunikasi antar penduduk dan pemerintah dapat diminimalkan dengan cepat.
Hanya saja,kata Edi, ranah online tak berarti menghilangkan cara komunikasi tradisional (tatap muka). Sebab, demografi penduduk kota menunjukkan budaya komunikasi yang berbeda.
“Kalau untuk usia 50 ke atas, komunikasinya bisa di pasar, tempat ibadah, atau warung-warung kopi. Nah, ibu-ibu media perangkulanya dapat dilakukan melalui PKK atau majelis taklim,” tambah Edi.
Untuk diketahui, jalur online pun digunakan aparatur pemerintah seperti desa, dalam menebar informasi mengenai syarat-syarat penggunaan dokumen. Tujuannya,  ketika menghampiri kelurahan, penduduk sudah menyiapkan dokumen yang lengkap.
“Itu salah satu cara untuk mewujudkan smart city madani di Pekanbaru. Yang bertujuan untuk menjalankan, pemerintahan yang efektif dan efesien. Kita juga mendayagunakan Grup WA, yang isinya RT/RW, agar komunikasinya lebih mudah,” tutup Edi.
Diterangkan Edi, saat ini Tangkerang Barat sendiri merupakan kelurahan yang dihuni lebih kurang 26 ribu penduduk. Dengan 6.177 KK. Perihal RW/RT, Tangkerang Barat memiliki 12 RW dan 54 RT. Hn