Wisata Pulau Rupat, Balinya Provinsi Riau

Tidak ada komentar 1245 views

Menyusuri Keindahan Pantai Pesona Pulau Rupat di Riau

Pekanbaru, Riau Andalas.com-Pulau Rupat adalah sebuah pulau yang terletak di Kabupaten Bengkalis tepatnya di bagian utara Provinsi Riau. Dimana pulau tersebut memiliki objek wisata yang berada dengan pulau lain di Indonesia, yang kelebihanya memiliki pantai pasir dengan panjang mencapai 13 kilometer yang merupakan pantai pasir terpanjang di Indonesia.

Selain memiliki destinasi wisata yang  eksotis pulau rupat juga berbatasan langsung dengan negara-negara tetangga. Seperti Singapura dan Malaysia. Sehingga wisatawan yang berkuinjung ke pulau rupat ini merasakan ke asikan berbeda dengan lokasi-lokasi wisata lain yang ada di Indonesia. Bahkan destinasi yang dimililki pulau rupat ini tidak kalah saing dengan tempat wisata yang ada di Bali seperti Sanur Bali. Sehingga wisatawan yang menghabiskan liburan maupun berkunjung ke pulau rupat akan merasakan seperti berwisata di pulau Bali yang selama ini jadi unggulan wisata di Indonesia.

Pulau Rupat juga merupakan pantai kebangaan bagi tiga daerah di Riau, yaitu Tanjung Medang, Tanjung Rhu dan Tanjung Punak. Dimana untuk menyambut dan menjadikan tujuan utama bagi wisatawan penduduk sekitar pulau rupat tersebut mengedepankan berbagai kegiatan untuk wisatawan, dimana kegiatan tersebut merupakan ciri khas daerah, seperti penggelaran musik, budaya, yang tak kalah menarik permainan bola api yang dinamakan malam zapin api yang merupakan tradisi melayu bagi masyarakat tempatan. Bahkan tradisi tersebut masih terjaga dengan baik sampai saat ini yang salah satu kegiatan utama di pulau Rupat.

Setiap tahun Pulau Rupat juga memiliki agenda tahunan, berbagai kegiatan yang menjadi perlombaan seperti festival Pulau Rupat, dimana kegiatan tersenbut sudah menjadi rutinitas diselenggarakan masyarakat dengan pemerintahan. Kegiatan itu juga sangat efektif untuk menarik perhatian pengunjung, sehingga pemerintahan di Riau terus meningkatkan kegiatan setiap tahunnya. Karena melalui kegiatan itu mampu meningkatkan promosi wisata pula rupat pada wisatawan lokal maupun manca negara.

Menurut kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi Riau Fahmizal Usman, penggesahan dan meningkatkan agenda kegiatan tahunan pulau rupat itu, dinilai sangat efektif untuk meingkatkan pengunjung wisatawan ke pulau rupat. Dimana setiap tahun kunjungaan wisatawan terus mengalami peningkatan yang rata-rata setiap tahun mencapai 45-50 ribu wisatawan, baik dari wisatawan lokal maupun manca nebgara.

“Untuk menuju daerah wisata, kita akan terus mempromosikan destinasi wisata yang ada di Riau. Khususnya destinasi pantai rupat ini. Dimana untuk promosinya kita mengutamakan dan membesarkan kegiatan yang merupakan ciri has daerah tempatan. Karena kegiatan ciri has daerah itu merupakan salah satu daya tarik sendiri bagi lokasi wisata, karena tidak dimilki oleh daerah lain di indonesia,” kata Fahmizal Jumat (15/7).

Diatambahkannya, untuk promosi destinasi wisata tahunan pulau rupat itu, pemerintah Provinsi Riau bersama pemerintahan kabupaten kota kembali mengadakan kegiatan rutinitas tahunan festival Pulau Rupat. Dimana kegiatan itu diselenggarakan berbagai kegiatan. Seperti pergelaran musik, budaya, gerak jalan santai, penanaman pohon dan juga malam zapin api.

“Selain Gubernur Riau, kegiatan ini juga akan dihadiri oleh pihak Kementerian Pariwisata. Dimana kegiatan ini nantinya juga akan dipromosikan pihak kementrian wisata untuk tingkat internasional, sebagai dukungan atau kepedulian pemerintah pusat untuk wisata yang ada di Riau,” jelas mantan karo Humas Sekdaprov Riau ini.

Disisi lain Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman, sebelumnya juga telah menyampaikan, untuk meningkatkan wisata di Riau, Pemprov Riau akan terus menggesah promosi destinasi wisata kedepanya. Sehingga apapun kegiatan untuk penunjang wisata di Riau ini akan dipromosikan semaksimal mungkin sampai kedepanya destinasi wisata Riau lebih dikenal oleh wisatawan dari berbagai penjuru di manca negara. Seperti wisata pulau rupat ini yang sudah mulai dikenal di manca negara.

“Kita sudah siap dan tekat menjadi kota wisata. Untuk itu kita akan terus menggesah promosi wisata yang ada di daerah kita ini. Sehingga bisa menjadi pilihan utama bagi wisatawan lokal mauipun manca negara,” kata Andi Rachman sapaan akrabnya.

Lebih jauh kata ketua DPD I Golkar Riau ini, Festival Pulau Rupat ini selain kegiatan tahunan di pulau rupat, juha merupakan ajang yang harus menjadi kebanggaan bagi Riau. Karena tradisi yang dimiliki itu tidak ada di daerah lain. Apa lagi pada tingkat dunia. Sehingga kegiata ini perlu ditingkatkan, agar tingkat penasaran wisatawan ingin mengetahui lebih besar yang akhirnya jadi masukan bagi Riau.

“Jika kunjungan terus meningkat, maka juga akan berpengaruh pada perekonomoian Riau. Sehingga kedepanya Riau tidak lagi hanya bergantung pada minyak bumi kelapa sawit yang saat ini telah menyebakan ketidak stabilan perekonomian di Riau,” kata Andi Rachman mengharapkan Pulau Rupat yang memiliki luas lebih kurang 1.500 km2 dan penduduk sekitar 47.000 jiwa tersebut akan sentosa dari destinasi wisata pulau rupat. (Dr)***

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Wisata Pulau Rupat, Balinya Provinsi Riau"