Wawako Ajak Pengurus UEK-SP Kembangkan Ekonomi Masyarakat

example banner

Pekanbaru,Riauandalas.com-WakilWalikota Pekanbaru Ayat Cahyadi. S.Si mengajak pengurus Usaha Ekonomi Kelurahan Simpan Pinjam (UEK-SP) Tampan Lestari Kelurahan Tampan Kecamatan Payung Sekaki untuk menumbuh kembangkan Ekonomi masyarakat, bekerja secara professional dan harus menjadi pelaku bukan menjadi penonton dirumah sendiri.

Ungkapan tersebut disampaikan Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi saat memberikan sambutan pada acara Musyarawarah Kelurahan Pertanggung Jawaban Tahunan (MKPT) tahun 2015, UEK-SP Tampan lestari Kelurahan Tampan Kecamatan Payung Sekaki. Rabu(10/2).Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi, S.Si foto Bersama Dengan Penerima Penabung Terbanyak dan Anak Yatim Dalam Event UEK-SP di Kelurahan Tampan Kec. Payug Sekaki. Rabu ( 10 Februari 2016 )

Menurut Ayat Cahyadi salah satu upaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat yakni dengan UEK-SP yang merupakan perwujudan nyata dari upaya penanggulangan kemiskinan selanjutnya dapat meningkatkan esejahteraan bagi seluruh masyarakat di kelurahan Tampan kecamatan Payung Sekaki.

“Musyawarah Kelurahan Pertanggung Jawaban Tahunan MKPT acara rutin yang harus dilakukan guna mengevaluasi kinerja dan hasil yang telah dicapai” ujar wawako.

Wawako mengharapkan  melalui musyawarah ini mampu meningkatkan usaha makro kecil yang termasuk dalam kelompok keluarga miskin sehingga dapat meningkatkan tarap perekonomian masyarakat khususnya dikelurahan  Tampan Kecamatan Payung Sekaki.

Sementara Ketua UEK-SP Tampan Lestari Suherri Syamsuar mengatakan untuk tahap awal pada tanggal 23 juni 2009 pemerintah telah  menghibahkan dana dari APBD senilai 500 juta rupiah kepada UEK-SP Tanpan Lestari guna disalurkan kepada masyarakat yang kurang mampu agar dapat dipergunakan sebagai modal awal dan mulai digulirkan pada juli 2009 s/d sekarang.

Menurut Suheri Syamsuar Total dana yang digulirkan UEK-SP Tampan Lestar dari Juli 2009 hingga Desember 2014 sebesar 4,3 milyar rupiah dengan jumlah pemanfaat sebanyak 557 orang, sedangkan total perguliran dari Januari hingga Desember 2015 sebesar Rp 742.500.000,- dengan jumlah pemanfaat sebanyak 75 orang.

Dengan demikian total pencairan dan perguliran dari Juli 2009 hingga Desember 2015 sebesar Rp 5.053.500.000,-dengan rincian pengembalian pokok pinjaman pemanfaat sebesar Rp 4.368.070.905,- dan pengembalian bunga pinjaman pemanfaat sebesar Rp 914.255.365,-

Suheri Syamsuar Menambahkan jumlah anggota UEK yang masih aktif sebanyak 153 orang dan jumlah anggota SP yang masih aktif sebanyak 42 orang, sedangkan untuk UEK tingkat pengembalian sampai dengan 30 Desember 2015 sebesar 98,39 %, sementara tunggakan pokok pinjaman UEK sebesar Rp 93.953.500,- dan tunggakan pokok pinjaman SP sebesar Rp 23.976.500,-.

“Laporan Pertanggung Jawaban ini bertujuan untuk memberikan gambaran kinerja UEK-SP selama tahun 2015 dan juga merupakan parameter untuk mengukur keberhasilan didalam pengelolaan UEK-SP Tampan Lestari serta mewujudkan prinsip Akuntabilitas dan Transparansi didalam pengelolaan ekonomi masyarakat” ujar  Suheri Syamsuar.

Usai acara musyawarah kelurahan pertanggung jawaban tahunan UEK-SP Tampan Lestari Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi menyerahkan hadiah kepada penabung terbanyak di UEK-SP dan pemberian santunan kepada 25 anak yatim.(Hendri)***