Warga Taluk Kuantan Balimau kasai di Sungai Muara lembu

Tidak ada komentar 1206 views
TELUK KUANTAN,riauandalas.com
Tradisi menyucikan diri atau yang lebih dikenal dengan ‘Balimau Kasai’ jelang bulan puasa di Kuantan Singingi (Kuansing) masih terjaga dengan baik. Salah satu tempat yang selalu ramai dikunjungi masyarakat di Muara Lembu Kecamatan Singingi.
Sebagai tokoh yang peduli dengan budaya, Mursini dan Halim mendukung penuh kegiatan ini. Seluruh pengunjung bebas masuk tanpa dipungut biaya.
Sungai Singingi di Muara Lembu memiliki daya tarik tersendiri untuk prosesi ‘balimau kasai’. Selain airnya yang jernih, lokasi ini menawarkan panorama yang cukup menawan ditambah hamparan kerikil.
Tidak hanya itu, pengunjung juga disuguhkan dengan penampilan pembalap cross yang handal. Unjuk kebolehan ini memukau setiap pengunjung yang datang.
“Ini bentuk kepedulian kita terhadap pelestarian tradisi ‘balimau kasai’, makanya kita beri dukungan penuh,” ujar Mursini didampingi Halim, Rabu (17/6/2015) sore di Muara Lembu.
Balimau kasai, kata dia, merupakan momen yang pas dalam menyucikan diri, ajang silaturahmi dan bermaaf-maafan jelang Ramadhan.
Sementara itu, Halim mengaku salut dengan sambutan yang dilakukan oleh masyarakat Singingi. Terlebih, ia sangat jarang mengikuti kegiatan seramai ini.
“Saya sangat salut melihat antusias masyarakat dan penyambutannya. Ini sangat luar biasa,” ujar Halim.
Untuk tahun ini, ‘balimau kasai’ di Muara Lembu dibuka langsung oleh tokoh masyarakat Rantau Singingi, Zulkifli. Kepada masyarakat, ia memperkenalkan Mursini – Halim yang akan maju sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati Desember mendatang.
“Insya Allah, Mursini-Halim tidak akan lupa dengan Singingi,” ujar Zulkifli. Ia juga berpesan kepada masyarakat ekstran, agar mendukung pasangan ini.
Turut hadir dalam kegiatan ini Anggota DPRD Kuansing yakni Sardiyono, Alhamra, Nazwan, Darmizar, Andi Manzauri, Jontikal dan Ahmad Mukhlis.(Go riau)