Walikota Pekanbaru Resmikan Rumah Sakit Daerah (RSD) Madani, Bukti Kepedulian Pemko Dengan Kesehatan Masyarakat.

Walikota Pekanbaru, Dr H, Firdaus, ST, MT, melakukan pemotongan pita dalam peresmian rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru

PEKANBARU,Riauandalas.com–  Akhirnya, Wali Kota Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT, meresmikan Rumah Sakit Daerah (RSD) Madani Kota Pekanbaru yang dibangun di Jalan Garuda Sakti KM 2, Kelurahan Binawidya, Kecamatan Tampan, Jumat (26/1) yang lalu. Hadir dalam peresmian RSD ini sejumlah lapisan masyarakat, tokoh masyarakat Riau, pejabat Forkopimda Kota Pekanbaru, dan pejabat dari Pemerintah Provinsi Riau.

Dalam penjelasannya, Walikota.Pekanbaru DR H Firdaus ST MT  menyampaikan bahwa peresmian RSD Madani adalah bentuk  kepedulian Pemerintah Kota Pekanbaru yang cinta akan kesehatan serta memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat.  Selain itu,  membuka peluang baru bagi bisnis kesehatan, RSD Madani diharapkan dapat menjawab upaya dari Pemerintah Kota,  dalam membangun masyarakat yang sehat, cerdas serta dapat mewujudkan lingkungan yang sehat.

“RSD Madani yang kita resmikan ini bukan pertanda masyarakat Pekanbaru banyak yang sakit, dan perlu dibangun  RS yang baru. Tapi, ini adalah bentuk dari cerminan masyarakat kita yang mencintai kesehatannya dan itu menjadi indikator masyarakat Madani yang peduli dengan kesehatan, mambangun lingkungan sehat untuk membangun masyarakat yang sehat,” ujar Firdaus.

Rumah Sakit Madani kota Pekanbaru

Ditambahkan Firdaus, setelah RSD Madani ini diresmikan, masyarakat Kota Pekanbaru dapat merasakan pelayanan dan fasilitas yang ada di RSD ini secara gratis pada tahap awal ini. Jumlah tenaga yang ada di RSD Madani ini  terdiri dari 91 tenaga medis, antara lain dokter spesialis 21 orang, dokter umum 9 orang, dokter gigi 3 orang, perawat 27 orang, perawat gigi 3 orang, bidan 11 orang, gizi 3 orang, analisis 2 orang, Apoteker 1 orang, asisten apoteker 1 orang, fisioterapi 1 orang, rekam medik 1 orang, manajemen 8 orang.

“Dengan dibukanya RSD Madani ini silahkan masyarakat Pekanbaru gunakan fasilitas yang ada secara gratis hingga batas waktu yang belum ditentukan. Bawalah KTP dan konsultasikan kepada tenaga medis disana tentang persoalan kesehatan bapak/Ibu. Namun, yang pasti adalah bagaimama melayani masyarakat dengan baik dan cepat,” harap Firdaus.
Ditambahkan Firdaus, ia juga meminta kepada petugas RSD Madani ini agar memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat, terutama kepada masyarakat yang berpenghasilan rendah.”Kalau bisa jemput bola dan turun ke rumah warga yang alami sakit Jika sakitnya tidak parah langsung tangani saja di rumah Dengan begitu warga merasa nyaman dan senang atas pelayanan yang diberikan,” harap Firdaus.
Dalam kesempatan ini Firdaus juga menyampaikan jika ada keluhan dari masyarakat atas pelayanan RSD Madani jni  agar melaporkan ke pihak RSD Madani ini.”Apa saja keluhan yang disampaikan oleh masyarakat segera dilaporkan Sebab pihak RDS Madani mempunyai layanan pengaduan. Dengan begitu, apa permasalahan yang terjadi bisa segera ditangani,” ungkap Firdaus.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru dr Zaini Rizaldy kepada wartawan mengatakan, bahwa dengan berdirinya  RSD Madani ini maka menambah satu lagi fasilitas rumah sakit rujukan bagi masyarakat untuk berobat yang gunanya  untuk melayani seluruh masyarakat Kota Pekanbaru.  Sementara itu, RSD Madani menyediakan sebanyak 13 layanan.

Antara lain gawat Darurat, rawat inap, klinik umum, laboratoriuam, ada klinik spesialisis, kebidanan dan kandungan, spesialis anak, jantung, THT accepersuer dan lainnya. ”Dengan adanya RSD Madani ini diharapkan dapat memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Sehingga dalam berobat, masyarakat menjadi nyaman dan tenang,’ ujar Zaini.
Diterangkan Zaini, saat ini layanan yang  ada di RSD Madani ini pihaknya memberikan layanan secara gratis kepada masyarakat sampai waktu yang belum ditentukan.”Makanya kita saat ini siap melayani masyarakat yang ingin berobat. Oleh sebab itu, bagi masyarakat yang sakit maka silahkan datang ke RSD Madani ini,  maka akan layani dengan cepat dan baik,” ungkap Zaini.
Ditambahl\kan Zaini, pihaknya masih mengakui saat ini masih kekurangan alat-alat kesehatan dan sarana dan prasarana lainnya. Namun, karena adanya tuntutan dan desakan masyarakat agar rumah sakit ini beroperasi, maka pihaknya melakukan soft opening. ”Memang kta akui masih kekurangan alat kesehatan.Makanya kita juga sudah mengusulkan bantuan alat-alat kesehatan ke pusat. Semoga usulan yang kita ajukan nanti bisa disetujui oleh kementrian kesehatan,” harap Zaini.

Ketika ditanyakan berapa angka kunjungan masyarakat yang datang ke RSD Madani ini. Dikatakan Zaini,sejak dibuka pengoperasiannya beberapa waktu lalu jumlah masyarakat yang berobat sudah puluhan.”Namun, mereka yang datang berobat sakitnya yang ringan-ringan saja. Sementara itu, untuk spesialis, masih belum banyak, karena kita juga masih kekurangan alat kesehatan tentang penyakit spesialis tersebut. Namun, yang penting saat ini kita siap memberikan pelayanan yang baik kepada
masyarakat,” ujar Zaini.Adv/Diskominfo/hn)