Wali Kota se-Sumatera Kagumi Pembangunan Kota Pekanbaru

Tidak ada komentar 352 views

Program Pekanbaru Pantas Ditiru oleh Para Walikota se-Sumatera

PEKANBARU,Riauandalas.com– Pada perhelatan Musyawarah Komisariat Wilayah I Regional Asisiasi Pemerintah Kota se-Indonesia (Muskomwil I Apeksi)

berlangsung di Kota Pekanbaru, selama tiga hari mulai tanggal 1 hingga 3 Februari 2018. Kegiatan itu digelar di Hotel Aryaduta Jalan Diponegoro, Pekanbaru.

Sebanyak 24 Walikota se-Sumatera hadir dalam pergelaran Muskomwil tersebut. Para walikota se-Sumatera yang hadir di Kota

Pekanbaru untuk mengikuti kegiatan Muskomwil I ini mengangumi keberhasilan pembangunan yang semakin pesat dan berkembang di Kota Pekanbaru.

Halini telah dibuktikan saat ini banyak gedung perkantoran yang dibangun, kemudian infrastruktur serta peningkatan kesejahteran ekonomi di tengah masyarakat.

Wali Kota Padang H Mahyeldi Ansharullah SP  dalam paparannya mengatakan bahwa saat ini Kota Pekanbaru sudah banyak perubahan dan kemajuan kotanya semakin berkembang pesat.

Karena sudah banyak berdiri bangunan gedung, perkantoran serta hotel berbintang.

Hal ini menandakan bahwa Kota Pekanbaru semakin maju dan terus berinovasi dalam mengeliatkan pembangunan. Dengan begitu kehadiran 24 walikota ini melihat kemajuan Kota Pekanbaru

”Kita berharap dengan Muskomwil I Apeksi ini dapat membawa serta menambah nilai-nilai positif buat kita masing – masing daerah.

Karena sesuai apa yang telah di harapkan oleh Pemerintah pusat melalui Dirjen Kementrian distraduk Pusat untuk pembangunan di daerahnya masing-masing demi kesejahteraan rakyatnya,” ujar  Mahyeldi
Diungkapkan Mahyeldi, saat ini Kota Pekanbaru sudah jauh berubah pada tahun sebelumnya.

Karena pembangunannya saat ini terus berkembang pesat. Selain itu, program yang dilakukan Kota Pekanbaru sudah terkonsep dengan baik.

”Oleh sebab itu, sebagai  tuan rumah Muskomwil I Apeksi ini maka Kota Pekanbaru dijadikan contoh dan rujukan bagi kita dalam menyusun program yang akan kita lakukan.

Apa saja yang masih kurang di daerah kita, maka akan kita benahii. Begitu juga kita akan membuat  program-program yang telah berhasil dilakukan oleh Kota Pekanbaru. Karena tujuan kita adalah bagaimana pelayanan di daerah   kita semakin baik, sehingga masyarakat merasa nyaman dan senang atas pelayanan yang kita berikan,” ungkap Mahyeldi.
Dijelaskan Mahyeldi, adapun program-program yang telah dilakukan oleh Kota Pekanbaru itu antara lain, adanya  pembangunan infrastrukrur jalan, pembangunan perkantoran.

Kemudian menyediakan layanan berbasis IT seperti keberadaan Command Center.” Jadi apa yang sudah dilakukan oleh Walikota Pekanbaru ini patut juga dicontoh dan diadopsi dI daerah kita. Makabya  apa saja program yang dilakukan oleh Kota Pekanbaru ini kita sanat kagum sekali. Mudah-mudahan, keberhasilan Kota Pekanbaru dalam meningkatkan pembangunan bisa dijadikan barometer bagi daerah lainnya, terutama kita dari Kota Padang,” harap Mahyeldi.

Hal senada juga dikatakan Ketua DPP Pusat Airin Rahcmi Diany. Wanita berjilbab yang juga Wali Kota Tangerang Selatan ini mengatakan, bahwa saat ini Kota Pekanbaru semenjak dipimpin oleh Wali Kota Pekanbarru DR H Firdaus sudah sangat berbeda dan semakin maju.

Hal ini terlihat perkembangan Kota Pekanbaru berkembang dengan pesat, sehingga pembangunan terus tumbuheh, sehingga perekonomian terus mengeliat di tengah masyarakat.”Ya Kota Pekanbaru saat ini sudah sangat maju dan berkembang. Karena sudah banyak berdiri  bangunan megah. Lihat juga pembangunan perkantoran Tenayanraya yang dibangun dengan luas 316 hektar lebih.

Halini membuktikan, bahwa Kota Pekanbaru patut dicontoh oleh daerah lainnya dari banyak hal, sehingga bisa diadopsi program yang dilakukan Kota Pekanbaru ini,” ungkap Airin.

Dikatakan Airin, bukan sdaja dalam bentuk pembangunan perkantoran  yang telah berkembang pesat. Bahkan, di dalam pelayanan berbasis IT Kota Pekanbaru juga sudah berkembang pesat. Sebab beberapa program yang telah dilakukan oleh Dnas Diskominfo Statistik dan Persandian yang merancang aplikasi teknologi canggih yang dinamakan dengan Command Center.
Sebab keberadaan Command Center ini sangat  banyak manfaatnya, terutama dalam mengakses data dan memantau aktifitas  Kota

Pekanbaru.” Kita sangat kagum apa yang telah dilakukan oleh Kota Pekanbaru ini. Baik, itu dari segi pembangunan, maupun telah membuat inovasi-inovasi canggih. Oleh sebab itu, maka Kota Pekanbaru pantas dijadikan rujukan oleh daerah peserta Muskomwil I Apeksi ini.

Sehingga daerah lain, bisa belajar dan mengadopsi idan lmu yang diidapat dari Kota Pekanbaru . Kedepan kita akan menyuruh beberapa

dinas datang ke Kota Pekanbaru untuk searing dan meminta masukan tentang program-program yang telah dilakukan, sehingga nantinya akan

kita laksanakan di daerah kita,” sebut Airin yang mengaku baru dua kali mengunjungi Kota Pekanbaru ini.
Sementara itu Wali Kota Pekanbaru DR H Firdaus ST MT mengatakan, bahwa suatu negeri atau daerah jika ingin berkembang dan tumbuh dengan pesat, terutama pembangunan infrastruktur dan pelayanan lainnya, maka perlu memiliki sumber daya manusia yang cerdas dan cepat.

Sehingga apa saja program yang akan dilakukan bisa berjalan dengan baik. Selain itu, faktor  yang menerntukan perkembangan daerah adalah peran dari para investor untuk menanamkan modalnya, sehingga perekonomian terus meningkat di tengah masyarakat. ‘ Untuk

di Kota Pekanbaru yang namanya sumber daya manusia yang cerdas , kita namakan masyarakat madani.
Oleh sebab itu, masyarakat madani itu perlu pemikiran yang cerdas dan cepat dalam bekerja. Dengan begitu  pembangunan di Kota Pekanbaru akan terus berkembang. Namun, yang tak kalah pentingnya untuk meningkatkan pertumbuhan  daerah maka kehadiran investor di Kota Pekanbaru sangat dibutuhkan. Karena para investor ini kita harapkan akan menanamkan  modalnya untuk melakukan pembangunan.

Karena kita sebagai pemerintah hanya 10 persen yang kita sediakan. Sedangkan 90   persen lagi ada di tangan investor,” ungkap Firdaus.
Diterangkan Firdaus, saat ini Pemko Pekanbaru terus melakukan percepatan pembangunan maupun meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,”Inovasi-inovasi yang telah dilakukan ini berkat buah kerja keras yang dilakukan oleh semua pihak OPD masing-masing.  Oleh sebab itu, diharapkan kepada semua kepala OPD bisa bekerja dengan supertim, sehingga apaun permasalahan bisa diselesaikan dengan baik,” sebut Firdaus.
Ditambahkan Firdaus, selama pelaksanaan Muskomwil I Apeksi ini maka banyak didapatkan ilmu dan masukan dari masing-masing walikota

se-Sumatera yang hadir di Kota Pekanbaru. ‘Karena ajang Muskomwil ini I Apeksi ini salah satunya salaing berbagi dan memberikan masukan dalam rangka percepatan pembangunan di daerah masing-masing. Sebab tujuan Muskomwil I Apeksi ini juga bagaimana untuk sama-sama bersinergi dalam menuju kemajuan dan kemakmuran dalam pembangunan,” terang Firdaus.
Firdaus juga mengharapkan dengan terlaksananya Muskomwil I Apeksi ini tentu banyak wawasan yang telah didapatkan dari masing-masing walikota se-Simatera dalam membuat strategi di daerah masing-masing terutana dalam merancang pembangunan dan pelayanan kepada

masyarakat kedepannya.”Oleh sebab itu, jadikan Muskomwil I Apeksi ini sebagai wadah dalam berbagi ilmu dan inovasi-inovasi. Kemudian ajang ini juga menciptakan bagaimana memberikn pelayanan  dan kesejahteran bagi masyarakat,” tutup Firdaus,
Lebih jaub dikatakan Firdaus, bahwa pembangunan yang telah dicapai serta program Pemerintah Kota Pekanbaru sudah sangat maju dan roda perkonomian juga bergerak cepat dengan tetap konsisten menjaga lingkungan sekitar serta meningkatkan perekonomian masyarakat Kota Pekanbaru.

Adapun diantara percepatan pembangunan itu adalah  sarana dan prasana bagi masyarakat yang memadai, Infrastruktur yang telah dibangun seperti jalan-jalan yang sudah bagus, transportasi, gedung sekolah baru dari tingkat SD sampai SMP sudah banyak, Rumah Sakit yang lengkap, serta fasiliatas lainnya bagi kepentingan masyarakat.Selain itu ditambah lagi dengan tumbuh kembangnya Hotel-hotel, Bank, serta tempat – tempat kuliner yang sudah barang tentu akan mendatangkan PAD buat Pemerintah Kota Pekanbaru dan juga berdampak pada penghasilan nilai  ekonomi bagi masyarakat.(Adv/Diskominfo/hn)