Waduh… PLN Lakukan Proyek SKTT 150 KV, tapi Dikeluhkan Para Pengguna Lalu Lintas Jalan

PEKANBARU, Riauandalas.com – PT PLN di Unit Induk Wilayah Riau-Kepri (UIWRKR), melaksanakan pengerjaan proyek untuk
peningkatan kebutuhan listrik di daerah ini. Poyek pengadaan, dan pemasangan SKTT 150 KV GIS Pekanbaru-GI Garuda Sakti.

Namun disayangkan, dalam pengerjaan yang memenuhi kebutuhan listrik inipun menjadi keluhannya masyarakat. Sebab, proyek kabel bawah tanah dipasang dari GIS Pekanbaru-GI Garuda Sakti itu, telah menganggu kenyamanan lalu lintas dan kemacetan di area tersebut.

Selain itu, pantauan lapangan wartawan ditemukan ada kejanggalan didalam hal pengerjaan dari proyek tersebut. Sebab, pemasanganya Saluran Kabel Tegangan Tinggi (SKTT) 150 KV dibawah tanah itu membuat bahu badan jalan yang terlihat ambruk atau menjadi hancur.

Terkait keluhan ngangguan lalu lintas ini disampaikan Nurdin, yang merupa salah seorang pengguna jalan di area tersebut mengatakan, kenyamanan berlalu lintas di daerah ini sangat terganggu. Ternyata ada proyek PLN. Tetapi ini juga terkesan sudah abaikan kenyamanan.

“Proyek PLN ini memang bagus. Namun kini menimbulkan kemacetan lalu lintas. Ini bisa dirasakan sejak beberapa bulan terakhir makin dikeluhkannya pengguna lalu lintas. Hal itu, diduga karena adanya proyek PLN, yaitu Proyek pengeboranya saluran kabel,” sebut Nurdin.

Senada itu, juga disampaikan Nawi pengguna jalan area tersebut. Dikatakan dia, untuk pemasangan saluran kabel itu diakui sangat bermanfaat. Karena untuk kepentingan umum yaitu listrik. Tapi, hal yang tidak dapat diterima itu kemacetan lalu lintas tidak diperhatikan.

“Memang dapat terganggu kenyamanan lalu lintas. Sedangkan, arus lalu lintas di jalan tersebut relatif padat. Terlebih lagi pada saat jam pulang kantor, serta saat malam hari. Ini rawan kenyamanan, dan keamanan. Maka diharapkan ini menjadi perhatiannya PLN,” katanya.

Sementara itu adanya kejanggalan pada pengerjaan dari proyek tersebut. Adalah terjadi kerusakan pada bahu badan jalan diakibatkan ada penggalian tanah untuk lobang pengecekan atau sebagai lokasi kontrol jaringan kabel. Jumlah digali itu, sepanjang di lokasi proyek.

Terkait ini dikonfirmasi pada pihak Humas PLN Riau Kepri, Tajuddin, menjelaskan” Kita di Riau Ini ada 3 Unit UIWEKR,P3BS dan UIP SBT. Utk ini saya akan informasikan dulu ke teman2 unit terkait utk bisa menindaklanjuti informasi ini .

Iya UP3 Pekanbaru itu dibawah UIWRKR. Dan UIWRKR tidak menghandle pekerjaan ini, setau saya P3BS saya akan tanyakan dan infokan dulu ke unit nya, ungkap Tajuddin

Sementara itu, pengawas UIP SBT PLN Riau Kepri, Budiwarman, betul proyek

pemasanganya Saluran Kabel Tegangan Tinggi (SKTT) 150 KV dibawah tanah, sepanjang 7 kilometer, dari jalan nangka kantor (PLN) hingga gardu induk listrik PLN jalan Air hitam Payung Sekaki kota Pekanbaru.

“Tapi pengerjaan belum selesai, nanti kita akan pasang Box coper di dalam tanah, agar bisa mudah cek kabel nya. Insya Allah kita akan perbaiki , adapun jalan atau retak akibat adanya proyek tersebut, jelas Budiwarman.