Wabup Rohul Tegaskan Seluruh OPD Dukung Program BPJS Ketenaga kerjaan  

example banner

ROKAN HULU, Riau Andalas. com   -Wakil Bupati (Wabup) Rokan Hulu (Rohul),H.Sukiman, ingatkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di jajaran Pemkab Rohul, mendukung program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS) Ketenagakerjaan agar meningkatnya ekonomi masyarakat.

 

Himbauan itu disampaikan Wabup, H Sukiman, Senin (25/9/2017), saat membuka      Forum Group Discussion (FGD) Sosialiasi Peraturan Bupati (Perbup) Rohul Nomor 24 tahun 2017 ke seluruh OPD di Rohul, di Hotel Sapadia Rohul.

 

Dikegiatan itu, juga hadir Kajari Rohul, Asisten IIDrs.M.Ruslan.M.Si,Kepala Dinas Koperasi Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Diskopnakertrans) Rohul, Herry Islami ST.MT, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Pekanbaru  Panam, Wisnu Eko Prihartono, Kepala Kantor Cabang Perintis BPJS Ketenagakerjaan Rohul, Sawir Achmadi, serta para kepala dan perwakilan OPD di Rohul.

 

Melalui sosialisasi Perbup Rohul di FGD, Wabup berharap agar dapat menambah pengetahuan dan meningkatkan kegiatan di wilayah Rohul. Kemudian, OPD agar mendukung program BPJS ketenagakerjaan dan menimalisasi kemiskinan tenaga kerja, bukan hanya di perusahaan dan pabrik, tukang bakso dan buruh lainnya juga perlu dapatkan pelindungan jaminan ketenagakerjaan.

 

“Karena sosial ketenagakerjaan rentan menumpang keberlangsungan ekonominya. Dengan menjadi peserta BPJS ketenagaa kerjaan, maka mereka akan mendapatkan jaminan di hari tua,  termasuk saat kecelakaan kerja, hingga jaminan pensiun,” tegas Wabup H Sukiman.

Kemudian jelas Wabup lagi, bahwa BPJS ketenagakerjaan merupakan lembaga pemerintah yang tanggungjwabnya langsung ke Presiden. Bentuk tanggungjawab jaminan ke masyarakat, lembaga, intansi, maupun pekerja formal dan informal diharapkan petugas BPJS Ketenagakerjaan memperhatikan peserta.

 

“Jangan peserta sudah membayar namun pelayananya tidak maksimal, baik itu di BPJS kesehatan maupun BPJS ketenagakerjaan. Karena ini fakta, prlermasalahan BPJS kesehatan perlu dapat perhatian dan pelayanan yang lebih baik lagi. Jangan peserta bayarnamun teraniaya saat gunakan BPJS saat berobat. Namun layani masyarakat dengan baik,” harap Wabup.

 

Sementara itu, Kepala Diskopnakertrans) Rohul, Herry Islami ST.MT mengatakan, sejak berdirinya 2,5 tahun BPJS Ketenagakerjaan berdiri di Rohul, banyak manfaat. Namun hingga kini, masih adanya kendala. Kedepannya, juga akan dibuat terobosan ke koperasi agar pengurus dan pekerja koperasi bisa masuk BPJS ketenagakerjaan.

Kemudian, dihartapkan agar OPD atau Satker yang miliki kegiatan fisik, baik pekerjaan, bisa dimasukan BPJS ketenakerjaan. Karena, ada tenaga kerja yang diperkerjakan, sehinga nantinya mereka terlindungi oleh rekanan dengan adanya BPJS Ketenagakerjaan.

“Saat ini, Perda kita tengah dibahas di tingkat komisi DPRD Rohul, dan akan lahir ketenaga kerjaan. Kegiatan ini, dukung 45 dari OPD di Rohul. Kita berterima kasih ke BPJS ketenagaakerjaan sehingga kedpannya bisa meningkatkan kesejahteraan pekerja di Rohul,” ucap Herri.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Pekanbaru Panam, Wisnu Eko Prihartono mengatakan, dalam menjalankan program pemerintah masih mengalami kendala. Apalagi lahir dua kembar BPJS Kesehatan dan BPJS ketenagakerjaan, sehungga perlunya dukungan pemkab Rohul dan perangkatnya.

“Namun kita terus melakukan berbagai upaya peningkatan program kerja, tapa adanya dukungan Pemkab Rohul program kami tidak akan berjalan dengan baik. Program ini sudah sewajarnya ada dukungan terhadap pekerja yang mungkin belum terdaftar, dari resiko kerja, resiko kecelakaan, pensiun dan PHK,” paparnya.**( Alfian)