Valentino Rossi Tidak Cocok dengan Setelan Motor Zarco

Tidak ada komentar 1947 views

JAKARTA, RiauAndalas.com-Silvano Galbusera, Kepala kru Valentino Rossi, menyebutkan Valentino Rossi tak cocok menggunakan setelan motor yang dipakai Johann Zarco. Ketidak cocokan tersebut disebabkan berat badan dan gaya balap kedua pebalap memang berbeda.

Pada MotoGP 2017, Rossi terbilang tampil kurang impresif. Tidak demikian dengan Zarco yang menyabet status Rookie of The Year.

Banyak yang menilai, Rossi seharusnya menggunakan setelan motor yang sama dengan Zarco agar bisa tampil kompetitif. Namun, Galbusera tak demikian.

“Johann sedikit lebih ringan dari Valentino Rossi dan menangani masalah ban dengan sangat lembut, jadi dia bisa membalap dengan sangat lembut,” ujar Galbusera seperti dikutip Speedweek.

“Pengaturan yang sama (seperti Zarco) tak akan cocok untuk Valentino. Dia membutuhkan lebih banyak dukungan dari depan dan belakang, yang mana disesuaikan dengan caranya mengerem atau berakselerasi,” tambahnya.

Galbusera mengakui musim 2017 berjalan sangat buruk. Dia mengatakan motor Rossi mengalami perubahan pada 2017 demi mengatasi masalah degradasi ban.

“Pada beberapa trek, perubahan itu bagus. Namun, dia merindukan feeling yang dia butuhkan. Motor 2016 lebih mudah dikendarai, dengan umpan balik dari ban yang baik juga, jadi dia bisa lebih mudah memaksakan diri,” ungkap Galbusera.

“Tapi pada awal 2017, kami menemukan fakta bahwa motor tak 100 persen untuk Valentino Rossi. Pada awal balapan sangat buruk untuknya. Dia tak pernah mendapatkan perasaan yang sama seperti yang didapatnya pada musim lalu,” imbuhnya.

sumber liputan6