Usai upacara HUT RI ke-74, Bupati Harris juga menyerahkan santunan kepada para veteran

PELALAWAN, Riauandalas.com – Bupati Pelalawan H.M.Harris bertindak sebagai inspektur upacara penaikan bendera HUT RI Ke- 74 Tahun 2019. Pasukan Pengibar Bendera ( Paskibra) berhasil dengan sempurna melaksanakan tugas bertempat di lapangan bola kaki pangkalan kerinci. Sabtu (17/08).
Upacara yang dimulai pada pukul 10.00 WIB itu dihadiri oleh Wakil Bupati Pelalawan H.Zardewan,Ketua DPRD Pelalawan Nasaruddin,MH,Forkompinda,Mantan Wakil Bupati H.Marwan Ibahim,Sekda Tengku Mukhlis, Ketua TP.PKK HJ.Ratna Mainar Harris, Ketua Himpaudi Kabupaten Pelalawan Hj.Ramlah Zardewan, Ketua Dharma Wanita Pelalawan Hj.TetiHariati Mukhlis, Para Kepala OPD di Lingkungan Pemkab Pelalawan,Anggota DPRD Pelalawan, Tokoh Masyarakat, Agama,Ketua KNPI Pelalawan Adi Sukemi,MT ,Veteran ,serta ASN,TNI dan Polri serta pelajar peserta upacara.


Adapun perwira upacara peringatan HUT RI Ke- 74 Tahun 2019 ini adalah Danramil 09/Langgam Kapten ARH.Kharidon Sitio, sementara pembaca naskah proklamasi yaitu Ketua DPRD Kab. Pelalawan Nasarudin,MH, Komandan Upacara yaitu Danramil04/Pangkalan Kuras Kapt. INF. Kasmir, Komandan Paskibraka yaitu Letda TEK. Andri Permadi,S.Tr.Han yang merupakan perwira TNI AU lulusan akademi angkatan udara tahun 2017 dan sekarang menjabat sebagai kepala Unit Engine Scates 045 Lanud RSN di Pekanbaru.
Paskibra Kabupaten Pelalawan yang bertugas di awal saat dimulainya upacara terlihat tegang namun dapat menyelesaikan tugasnya hingga akhir dengan baik. Pembawa baki pada pengibaran bendera adalah Tasya Cantika Aktanta yang merupakan siswi dari SMA N 1 Pangkalan Kerinci, sedangkan pengibar bendera adalah Leonardo Wicaprico siswa SMA N 1 Pangkalan Kerinci, Naufal Eka Syahputra siswa SMA N 1 Pangkalan Kerinci, dan M.Araniri siswa SMA N 1 Langgam.

Usai upacara Bupati Harris juga menyerahkan santunan kepada para veteran, Para veteran, wredhatama, purnawirawan dan tokoh masyarakat diajak untuk bisa memberikan masukkan bagi pembangunan Kabupaten Pelalawan menjadi lebih baik.


Soalnya sejak tahun 2011, Kabupaten Pelalawan masuk diperhitungkan secara nasional untuk bersaing dalam era globalisasi. Bahkan menjadi salah satu kabupaten di Indonesia yang mendukung kebijakan dari pemerintah pusat saat ini.

Ajakan itu disampaikan Bupati Pelalawan HM Harris saat menghadiri ramah tamah bersama para veteran, wredhatama, purnawirawam serta tokoh masyarakat se Kabupaten Pelalawan usai upacara HUT RI ke-74 di Balai Seminai Pangkalan Kerinci, Sabtu (17/08/2019).

Dikesempatan itu, HM Harris kembali mengingat pemekaran Kabupaten Pelalawan dari Kabupaten Kampar pada tahun 1999. Dimana pernah menjadi kabupaten tertinggal di Indonesia.


“Kepada para veteran, bahwa perlunya kita memikirkan Negeri Amanah Seiya Sekata, Kabupaten Pelalawan ini untuk generasi muda kelak. Dimana geliat pembangunan yang berorientasi kepada pengembangan sumber daya manusia telah dipersiapkan bersama jajaran pemerintah daerah. Yakni dengan telah berdirinya Sekolah Tinggi Teknologi Pelalawan (ST2P) di Kecamatan Langgam yang juga telah berubah nama menjadi Sekolah Tinggi Teknologi Kelapa Sawit Indonesia (ST2KSI),” papar mantan Ketua Adkasi ini.

Bupati Pelalawan dua periode ini juga memaparkan pembangunan Kabupaten pelalawan saat ini. Antara lain soal pengembangan pariwisata bono yang dikenal secara nasional dan juga mancanegara, belektrifikasi listrik yang telah mencapai 100 persen di tahun 2020 melalui program Pelalawan Terang, program Percepatan Pembangunan Infrastruktur Desa dan Kelurahan (PPIDK), serta peningkatan pemanfaatan pembangunan desa melalui dana Anggaran Dana Desa (ADD) dan masih banyak lagi hal yang telah berhasil dengan prestasi dan keberhasilan pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah daerah.

“Saya juga mengingatkan pentingnya kita tetap menjaga kondisi yang aman, kondusif serta tentram di Kabupaten Pelalawan ini. Tentunya dengan menjaga persatuan dan kesatuan bersama 34 paguyuban yang ada. Dengan harapan masukkan, kritikan serta sumbangih pemikiran dan tenaga untuk bersama-sama kita berikan bagi pembangunan Pelalawan kedepannya lebih baik lagi,” pesan Harris.

Dikesempatan itu, Bupati Harris juga menyerahkan santunan kepada para veteran serta berdialog langsung antara para veteran, purnawirawan, wredhatama.


Saat itu, Bupati Pelalawan HM Harris didampingi Wakil Bupati H Zardewan, Ketua DPRD Nasarrudin,Kapolres Pelalawan AKBP Kaswandi Irwan, Kejari, Kepala Pengadilan Agama, Kepala Pengadilan Negeri dan Pabung Kodim 0313/KPR Mayor Inf Salmon Tarigan.

Peringatan Detik-Detik Proklamasi Hari Ulang tahun (HUT) Republik Indonesia Ke – 74 di Kabupaten Pelalawan, malam hari rangkaian acara penutup dengan mengadakan resepsi Kenegaraan bertempat di Gedung Daerah Datuk Laksemana Mangkudiraja, Pangkalan Kerinci, Sabtu (17/8) malam.

Terlihat Bupati Kabupaten Pelalawan HM Harris, Wakil Bupati H Zardewan, Sekretaris Daerah Tengku Mukhlis, Ketua DPRD Nasaruddin beserta Anggota. Kemudian Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Kepala OPD, Tokoh Masyarakat, Adat dan Ulama juga tokoh Pemuda serta warga masyarakat

Dalam kesempatan itu Bupati Pelalawan HM Harris, meminta agar para Paskibra dapat menjaga nama baik, serta tetap berprilaku sopan santun baik itu di lingkungan maupun di sekolah.

“Tidak semua orang dapat tampil sebagai Paskibraka. Maka dari itu berbanggalah dan junjung tinggi kejujuran dan sifat tegas,” ujar Bupati sambil menutup sambutannya.

Dalam acara tersebut 33 orang anggota Paskibraka berkesempatan memperlihatkan joget kreasi mereka yang bernama kewer-kewer dihadapan undangan.(md)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Usai upacara HUT RI ke-74, Bupati Harris juga menyerahkan santunan kepada para veteran"