Upsus Pajale, Kopda Dedy Samosir ( Babinsa). Dan KA UPTD Rambah Bantu Misno

example banner

 

 Bajak laut

Rokan Hulu, Riau Andalas.com–  Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 02 Rambah Kodim 0313 Kampar Kopda Dedy Novery. Samosir melaksanakan pendampingan kepada petani dalam rangka swasembada pangan untuk mewujudkan upaya khusus (Upsus) Padi, jagung dan kedelai (pajale) yang diprogramkan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Minggu (12/6).

Dalam Kegiatan tersebut, Babinsa Koramil 02 Rambah Kopda Dedy Samosir berkoordinasi kepada UPTD Rambah Zulkifli dan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Desa Rambah Tengah Hulu Ijas untuk dapat membantu Misno (47) warga Desa Suka Maju Kecamataan Rambah Kabupaten Rokan Hulu supaya memberikan bibit bantuan Jagung Hibrida sebanyak 6 Kg.

Dalam Koordinasi yang telah di sepakati, Kepala UPTD Rambah bersama PPL Desa Rambah Tengah Hulu sangat setuju untuk membantu Misno guna mewujudkan impiannya dalam menanam Jagung Hibrida di lahannya.

“Kalau untuk petani kita yang ingin menanam jagung Hibrida itu merupakan hal yang sangat positif. Asalkan bibit jagung yang telah di berikan agar di tanam sebaik-baiknya” uangkap Zulkifli Kepala UPTD Rambah Kepada Wartawan.

Sesuai luas lahan jagung Hibrida yang ada di Desa Rambah Tengah Hulu sampai saat ini 12 Ha di tambah setengah Hektar yang dialihkan sebagian untuk membantu Misno 1/5 Ha menjadi 12,5 Ha sudah tertanam.

Misno sangat gembira dengan adanya bibit bantuan yang diberikan pemerintah kepada dirinya. Terlihat dari lahan yang telah disiapkan Misno bersih dan tertata rapi.

“Memang pak, Sebelum saya menanam di lahan saya pertama saya olah dulu lahannya dengan cara manual menggunakan cangkul” sebut Misno.

Lanjutnya, Dan setelah saya mencangkul dengan membuat lubang untuk bibit jagung. Lahan saya taburi dengan memberikan pupuk kandang berupa kotoran sapi agar harapan saya kedepan tanaman jagung yang saya tanam dapat tumbuh subur” jelasnya.

Dalam kegiatan penanaman menggunakan bibit jagung Hibrida Premium 919 Tongkol besar. Tampak Babinsa Koramil 02 Rambah Kopda Dedy Samosir bersama-sama menanam jagung di lahan Misno.

“Ini merupakan bentuk perhatian kita sebagai aparat Negara yang tugasnya untuk melayani dan membantu masyarakat. Supaya kedepan harapan kita ekonominya dapat berubahr lebih baik lagi” “pungkasnya” (Alfian)