Undang Seluruh OPD, Diskominfo : Untuk Percepat Pengelolaan Data dan Informasi yang Terintegrasi

example banner

PEKANBARU, Riau Andalas.com — Untuk mempercepat pengelolaan data dan informasi yang terintegrasi, Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) melalui Bidang Informasi dan Komunikasi Publik mengadakan pertemuan dengan Kasubbag Umum seluruh OPD di lingkungan Pemko Pekanbaru.

Pertemuan tersebut bertujuan agar adanya kesepahaman antar OPD sehingga Pengelolaan Data dan Informasi kedepannya dapat terintegrasi melalui mekanisme yang telah dibuat oleh Diskominfo dalam bentuk Website. Nantinya, data dan informasi yang terkumpul merupakan data dan informasi yang valid dan dapat dipertanggungjawabkan. Demikian dikatakan Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo, Maisisco, Selasa (15/8).

“Untuk mewujudkan Pekanbaru Smart City diperlukan adanya integrasi data dan informasi antar OPD, sehingga data dan informasi yang didapat valid. Pengelolaan tersebut nantinya akan dilakukan melalui website khusus. Sehingga diharapkan data dan informasi tersebut dapat digunakan untuk pembangunan daerah dan disebarkan ke masyarakat.” Ungkap Maisisco.

Ditambahkan Maisisco, Untuk melaksanakan tugas dan fungsi Diskominfo dalam mengelola Komunikasi dan Informasi Publik diperlukan data dan informasi dari seluruh OPD. Karenanya, kerjasama dari seluruh OPD dalam pengelolaan data dan informasi yang terintegrasi mutlak diperlukan.

“Kominfo memiliki tugas dan fungsi mengelola informasi dan komunikasi publik serta pengelolaan statistik sektoral seperti PPID, Portal Kota Pekanbaru dan SIPD. Untuk menjalankan tugas dan fungsi tersebut kami membutuhkan data dan informasi yang valid dari tiap OPD. Karenanya diharapkan kerjasama dari seluruh OPD untuk mengintegrasikan pengelolaan data dan informasi tersebut. Sehingga dihasilkan data dan informasi yang valid secara cepat dan efisien.” Tambah Maisico. (Kominfopku)