Ujung Batu Rokan di Terjang Angin Puting Beliung Ratusan rumah Rusak

example banner
84angin-puting-beliung-ujung-batu

ROKAN HULU, Riau Andalas.com – Dampak hujan deras disertai angin puting beliung Jumat (16/9/2016) sore, rusak ratusan unit rumah warga di kawasan fasilitas umum, dan fasilitas sosial Kecamatan Ujung Batu,

Dari data pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rohul, diperkirakan 129 unit rumah warga rusak. Ada 12 unit rumah rusak berat sedangkan 117 unit rumah lainnya rusak ringan.

” 12 rumah rusak berat, kini ke 12 KK (kepala keluarga) masih mengungsi,” ungkap Kepala Pelaksana Harian BPBD Rohu, Aceng Herdiana, Sabtu (17/9/2016) malam.

Tambah Aceng, selain rumah warga yanag rusak berat serta rusak ringan, puting beliung juga merusak fasilitas sosial dan fasilitas umum. Sedangkan di Desa Ujung Batu Timur, ada 63 unit rumah rusak ringan, 1 unit rumah rusak berat, 1 mushala rusak, sehingga 1 KK atau 3 jiwa terpaksa mengungsi.

Sementara di Dusun Bukit Tungku, 43 unit rumah warga rusak ringan, 8 rumah rusak berat, dan 8 KK atau 42 jiwa mengungsi. Juga bangunan SMP Islam Plus dan Masjid Al-Wakaf ikut rusak.

Sementara di Jalan Jeruk Manis Kelurahan Ujung Batu juga ada 11 unit rumah warga rusak ringan, 3 unit rumah rusak berat, dan 3 KK atau 12 jiwa mengungsi, termasuk Masjid Darul Iman juga mengalami kerusakan.

Kini, menurut Aceng, anggota BPBD Rohul bersama TNI dan Polri, lakukan evakuasi warga juga lakukan pembersihkan jalan yang terhalang akibat pohon tumbang juga memotong seluruh pohon yang menimpa rumah warga.

Selain itu, tim gabungan juga bantu evakuasi perabotan dan barang warga sampai keluar rumah. Menurut Aceng, angin puting beliung terjadi Jumat seore hingga malam hari, juga menyebabkan pohon-pohon tumbang dekat pemukiman warga.**Allfian**