Uji Coba Full Day Diterapkan, Riau Belum Dapat Intruksi

Tidak ada komentar 446 views
example banner

*Dewan harap jangan tunggu intruksi

PEKANBARU, Riau andalas.com– Sesuai informasi kementerian Pedidikan dan Kebudayaan (Kemndikbud) RI, beberap Provinsi di Indonesia telah melakukan uji coba penerapan Full Day di sekolah. Dimana uji coba tersebut berjalan lancar meskipun masih sedikit berat.

Adapun uji coba yang diselenggarakan tersebut, diutamakan pada daerah yang sebelumnya telah biasa melakukan sekolah sampai satu hari. Sehingga penerapannya tidak terlalu sulit dan terkendala yang prosesnya tinggal penetapa dan penysunan kondisi pada tingkat lebih baik.

Namun, dari beberapa provinsi yang sudah menjalankan uji coba Ful Day tersebut tidak masuk provinsi Riau, meskipun beberapa sekolah di Riau sebelumnya juga sudah melakukan sekolah satu hari. Sehingga sampai saat ini penerapan uji coba Full Day belum diselenggaraakan di Riau.

Menurut Kepala Disdikbud Riau Dr Kamsol melalui Sekretaris Disdikbud Riau Anasri, belum adanya pelaksanaan uji coba di Riau karena belum ada intruksi dari Kemendikbud. Sehingga Riau belum menyelenggarakan untuk uji coba pelaksanaan Full Day.

“Kita belum ada intruksinya, maka itu kita belum ada melaksanakan,” kata Ansri kepada wartawan Sore lalu.

Diakuinya, untuk coba penerapan Full Day itu Riau bisa saja menyelenggarakan. Namun untuk pelaksanaannya juga harus ada informasi dari Kemndikbud. Agar dalam pelaksanaan tidak keluar dari prosedur yang seharusnya dilakukan.

“Sementara untuk pelaksanaan itu kita belum dapat arahan. Sehingga belum bisa dilaksanakan,” paparnya.

Disisi lain Ketua Komisi E DPRD Riau Masnur, sebelumna telah menyampaikan, untuk penerapan Full Day tersebut Riau tidak akan kesulitan, karena sekolah di Riau sebagian besar telah melah menerapkan sekolah satu hari. Sehingga untuk uji coba bisa saja dilaksanakan tampa harus menunggu intruksi, dan melaksanakan berupa tanggapan terhadap program pemerintah pusat.

“Memang Full Day itu terasa berat juga dilaksanakan sekolah, tapi semua itu menjelang terbiasa, karena kalau tidak dijalankan sekolah juga tidak akan terbiasa,” katanya.

Selain itu, untuk penerapan Full Day ini tambahnya, yang akan merasakan sedikit bagi daerah-daerah yang masih dipedesaan. Karena selama ini belum pernah melaksanakan. Tapi dengan adanya melakukan uji coba bisa diyakinkan lambat laun akan terbiasa.

“Kita juga bisa pahami kondisi ini, karena sebagian besar guru-guru kita di pedesaan juga memamfaatkan waktu untuk bekerja di luar sekolah. Karena penghasilan mereka juga belum mencukupi sesuai kebutuhan. Untuk itu kembali pada pengkajian pemerintah kedepanya yang harus setimpal dengan penerapan Ful Day,” tuturnya. (Dri)***