UIR Gelar Bulan Bahasa Tingkat Nasional

Tidak ada komentar 487 views

PEKANBARU, Riau Andalas.com – Himpunan Mahasiswa (HIMA) pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) universitas Islam Riau (UIR) menggelar Bulan Bahasa tingkat Nasional.

Ketua Panitia Pelaksana Bulan Bahasa UIR 2017, Fadli Anas mengatakan,  Bulan Bahasa UIR 2017 mengangkat tema “Penguatan Bahasa dan Sastra Indonesia Sebagai Pembangun Karakter Bangsa”. “Salah satu pembangun karakter bangsa, ya dengan menguatkan bahasa dan sastra Indonesia,” kata Ali kepada www.riauandalas.com di Stan Pendaftaran Bulan Bahasa UIR 2017, parkiran Gedung C FKIP UIR, Pekanbaru, Senin (24/10) kemarin.

Banyak lomba yang diadakan pada Bulan Bahasa UIR 2017. Di antaranya lomba pidato dan baca puisi tingkat SMP se-Riau. Baca puisi, musikalisasi puisi dan drama komedi tingkat SMA se-Riau. Baca syair dan baca puisi tingkat Mahasiswa se-Riau. Baca puisi dan karya ilmiah tingkat Guru se-Riau. Sedangkan lomba bertaraf Nasional yakni, menulis puisi dan cerpen tingkat SMP, SMA dan Mahasiswa.

Ali menjelaskan, Bulan Bahasa UIR 2017 berbeda dari tahun 2016. “Bedanya, tahun lomba tingkat guru se-Riau ditambah lomba karya ilmiah. Sedangkan tahun kemarin tingkat guru se-Riau hanya lomba baca puisi saja bang,” jelasnya.

Ali mengatakan, lomba Bulan Bahasa UIR 2017 akan diadakan dari 13-18 November 2017 di Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) UIR. “Inshaallah lomba Bulan Bahasa UIR 2017 akan berlangsung di PKM UIR pada tanggal 13-18 November nanti bang,” ujarnya.

Ali menerangkan, Stan pendaftaran Bulan Bahasa UIR 2017 sudah dibuka dari 9 Oktober kemarin dan akan tutup pada 10 November nanti. “Stan pendaftaran dibuka setiap hari, kecuali hari Ahad dan libur nasional. Stan dibuka dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 17.30 WIB bang. Ayo ikuti dan daftar segera,” imbaunya.

Ali menambahkan, untuk lomba bertaraf Nasional, peserta bisa mendaftar via surat elektronik (surel) bagi yang di luar Pekanbaru. “Lomba taraf Nasional bisa daftar via surel dan uang pendaftaran bisa transfer,” tambahnya.

Ali mengatakan, banyak hadiah menarik untuk para pemenang lomba atau juara. “Para juara akan mendapatkan sertifikat,  uang binaan dan trofi,” katanya.

Ali berharap, Bulan Bahasa UIR 2017 bisa lebih baik dan sukses dari tahun 2016. “Semoga Bulan Bahasa tahun ini bisa lebih baik dan sukses lagi dari tahun sebelumnya. Dan berdampak positif bagi peserta lomba khususnya Kampus UIR,” harapnya. (PRK)