TNI Turun Langsung Bantu Petani Panen Padi Perdana

Tidak ada komentar 724 views
DSC09300

 

Rokan Hulu, Riau Andalas.com Para petani di Rimbo Hapar, Desa Suka Maju, Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau, pada Rabu (20/4) yang lalu menggelar tanam padi perdana untuk menyukseskan kegiatan ketahanan pangan berupa penanaman padi sawah kini sudah mulai memperoleh hasil tanaman padi yang telah ditanam.

 

Anuar Daulay Ketua Kelompok Tani (Koptan) Rimbo Hapar Desa Suka Maju menjelaskan, “lahan kami sekarang memang sudah mulai di panen pak. Walaupun masih ada yang belum bisa di panen, itu hanya menunggu beberapa hari lagi. Mungkin karena waktu penanaman kemaren kurang serentak”, ungkap Anuar di areal persawan kelompok tani Rimbo Hapar (28/07/2016).

 

Lanjutnya, “dalam pelaksanaan penanaman padi sawah pada tahap ini kami sama sekali tidak ada menggunakan pupuk yang bisa membantu pertumbuhan padi di sawah kami. Tetapi walaupun demikian hasil padi kami kalau dilihat ini cukup membangakan dan menyenangkan hati kami” imbuh Anwar.

 

Walau kegiatan masa panen yang di laksanakan di kelompok Tani Rimbo Hapar masih menggunakan cara manual dengan menggunakan Arit dan alat seadanya. Tetapi hal tersebut tidak membuat semangat para petani menjadi kendur.

 

“Kami sangat berterima kasih kepada bapak TNI Babinsa Kopda Dedy yang dimana selama ini bapak Babinsa yang rajin memonitor baik menanyakan lewat telepon maupun beliau turun langsung kelokasi persawahan kami menyatu bersama kami. Trimakasih Pak Babinsa.

 

Memang Saat ini kelompok Tani Rimbo Hapar sangat membutuhkan Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) seperti mesin membajak Sawah dan mesin perontok padi guna mempermudah dalam pelaksanaan kegiatan panen yang sedang berjalan.

 

Sementara itu Kopda Dedy Nofery Samosir personil Koramil 02 Rambah Kodim 0313/Kpr dimana Babinsa sebagai komunikator, fasilitator, advisor, motivator, edukator, organisator dan dinamisator melalui pengawalan dan pendampingan kegiatan UPSUS (Upaya Khusus) peningkatan produksi padi dalam pencapaian swasembada berkelanjutan menjelaskan.

 

Katanya, “dengan panen perdana padi yang ada pada saat ini, kedepan kita akan terus berusaha dalam meningkatkan produksi pertanian khususnya pada tanaman padi sawah ”, sebut Kopda Dedy.

 

Diteruskanya, “sehingga harapan saya kedepanya. kegiatan pemerintah dapat berjalan dengan baik menuju swasembada pangan. Hal ini tentu saja bukanlah pekerjaan yang ringan. Mengingat karena berbagai kerusakan infrastruktur masih ditemukan menuju lahan pertanian sawah petani kita”, ujarnya.( Alfian

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "TNI Turun Langsung Bantu Petani Panen Padi Perdana"