Tinjau UN,Plt Gubri harapkan Siswa jujur dengan kemampuan sendiri

Riauandalas.com-Pelaksana tugas (Plt) Gubr H Arsyadjuliandi Rachman didampingi Kadisdikbud Riau Dr H Kamsol MM dan Ketua Ombudsmen RI perwakilan Riau Ahmad Fikri tinjau hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2016.IMG_4338

Peninjauan tersebut dilakukan di dua Sekolah, yaitu Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 12 jalan Garuda Sakti dan SMK Negeri 4 di jalan Purwodadi Pekanbaru. Dimana dalam peninjauan tersebut, Plt Gubri menharapkan, seluruh siswa yang mengikuti UN menedepankan sikap kejujuran dan mengikuti UN sesuai kemampuan. Sehingga dalam menerima hasil kedepan merupakan benar-benar dari kemampuan siswa.

“Kita sudah melihat pelaksanaanya dan mereka semua kosentrasi, mudah-mudahan siswa kita kedepan mendapatkan hasil yang setimpal,” kata Andi Rachman disela-sela kunjungan Senin (4/4)

Dalam kesempatan itu, plt Gubri juga melihat kesiapan sekolah dalam pelaksanaan UN. Diantaranya, CCTV yang merupakan peralatan bagi sekolah yang menyelenggarakan UNBK. Seperti SMK Negeri (SMKN) 4 Pekanbaru yang sudah dilengkapi peralatan lengkap.

“Disini ada 5 kelas dan 100 komputer, mudah-mudahan tidak ada kendala,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Ombudsmen RI perwakilan Riau Ahmad Fikri, selain mengapresiasi, ia juga mengharapakan pelaksanaan UN di Riau berjalan lancar dan sesuai prosedur. Pasalnya, dalam pelaksanaan UN saat ini belum ada penerimaan laporan kendala maupun permasalahan. Termasuk dalam kunjungan yang dilakukan pejabat. Seprti Plt Gubri yang sesuai dengan prosedur standar dalam pelaksanaan UN.

“Memang prosedurunya selama pelaksnaan UN ini tidak ada yang diperbolehkan masuk ruangan, maka itu kita sangat mendukung apa yang telah dilakukan Plt Gubri dalam peninjauan,” katanya.

Diharapkanya, kegiatan seprti ini juga dilakukan oleh seluruh kabupaten/kota di Riau. Sehingga peserta UN SMA sederajat yang berjumlah sekitar 80.358 orang berjalan sesuai harapan.

Disisi lain, kepala Dinas pendidikan dan kebudayaan Riau Dr H kamsol MM, meyatakan, jika sekolah yang mengikuti UNBK/CBT di Riau saat ini berjumlah 57 sekolah, terdiri dari 17 SMA dengan peserta 3.615 siswa dan 40 SMK dengan 9.180 siswa.

“Mudah-mudahan dengan pengalaman yang sudah di tinjau saat ini, bisa terus berjalan sampai tintas. Sehingga hasil yang didapatkan siswa sesuai dengan harapan,” tuturnya.

“Memang hasil UN tidak menentikan kelulusan siswa, tapi sesuai harapan dan yang sudah disampaikan sebelumnya, para siswa bisa tetap serius dalam pelaksanaan UN. Karena hasil UN itu merupakan jalanm untuk siswa melanjutkan kedepan,” tutur Kamsol (Dri)***