Tingkatkan karakter Siswa, Disdikbud Gelar Lomba Cipta Pelajar

example banner
 Peserta lomba Cipta Pelajar saat mengikuti perlombaan Senin (19/7) di Hotel Hollywood Pekanbaru


Peserta lomba Cipta Pelajar saat mengikuti perlombaan Senin (19/7) di Hotel Hollywood Pekanbaru

Pekanbaru, Riau Andalas.com– Tngkatkan bentuk karakter siswa, khususnya karakter untuk menjaga kekayaaan seni budaya bangasa di Indonesia. Dinas pendidikan dan kebudayaan (Disdikbud) Riau selenggarakan lomba Cipta pelajar tingkat SMP se Provinsi Riau.

Kegiatan yang dibuka lansung oleh Kepala Disdikbud Riau Dr Kamsol MM tersebut, dikuti sekitar 60 peserta yang terdiri dari putra putri. Dimana cabang yang diperlombakan tersebut berupa, cipta puisi, seni lukis, cipta lagu, serta desain membatik.

Kepala Disdikbud Riau Dr Kamsol MM, menyampaikan, Lomba cipta pelajar yang diikuti oleh seluruh siswa –siswi SMP perwakilan 12 kabupaten/kota di Riau ini merupakan agenda tahunan yang rutin dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Riau. Dimana ia mengharapkan kegiatan itu dapat menjadi sarana untuk membangun dan membentuk karakter siswa, khususnya karakter untuk menjaga kekayaaan seni budaya bangsa Indonesia.

“Kedepanya siswa bisa terus meningkatkan kemampuan yang dimiliki. Mudahan-mudah bisa terus majukan pada tingkat nasional,” katanya.

Sementara itu Panitia Kegiatan lomba yang juga Humas Disdikbud Riau, M Ridar Siregar, menyampaikan untuk tahap awal palaksanaan lombah diselenggarakan pada cabang cipta puisi, cabang seni lukis, cabang cipta lagu, serta cabang desain membatik dari masing-masing peserta.

“Jika kita lihat dari kemampuan siswa saat perlombaan. Ini merupakan kembaggaan bagi kita, mereka sangat kreatif terutama pada cabang melukis motif batik,” kata Ridar.

Dengan adanya cabang desain batik ini, ia mengaharapkan, mampu melestarikan batik yang ada di Indonesia. Apa lagi batik ini merupakan warisan budaya yang telah diakui dan terdaftar di UNESCO. ”Kewajiban kita untuk terus menjaga dan mengembangkan seterusnya,” tutur Ridar­. (Dri)***