Tim Gabungan Polres Rohul Gelar Razia Kendaraan Mencari Tahanan Kabur Dari Lapas

 

ROKAN HULU, Riau Andalas. com  – Jajaran Polres Kabupaten Rokan Hulu, Kamis (11/5/2017) pagi menggelar pemeriksaan terhadap kendaraan umum dan pribadi yang melewati kota Pasir Pengaraian untuk memburu tahanan kabur dari Rumah Tahanan Sialang Bungkuk Kota Pekanbaru.

Kapolres Rohul, AKBP Yusup Rahmanto melalui Kasat Reskrim, AKP Muhammad Wirawan Novianto didampingi Kasat Lantas, AKP Risnan Aldino disela-sela razia di Jalan Tuanku Tambusai Pasir Pengaraian mengatakan, Polres Rohul ikut serta melakukan pencarian terhadap ratusan narapidana Sialang Bungkuk Pekanbaru yang kabur, salah satunya dengan pencegatan dan pemeriksaan sejumlah kendaraan yang masuk kewilayah Rokan Hulu.

“Kita masih dalam pengejaran terhadap napi yang lari dari Rutan Sialang Bungkuk Pekanbaru, kita lakukan operasi, dan pengecekan utamanya terhadap kendaraan penumpang,” ungkapnya.

Dikatakan Wirawan, seluruh penumpang yang ada di Bus maupun Travel diperiksa identitasnya dan barang bawaannya, dan apabila terdapat hal yang mencurigakan, pihaknya melakukan dokumentasi apakah yang bersangkutan merupakan salah satu napi yang kabur atau bukan.

“Adapun tindakan yang dilakukan dalam operasi dengan penyetopan dan pemeriksaan terhadap kendaraan pribadi, travel dan mini bus, bus AKAP, serta sepeda motor,” ujarnya.

Polres Rohul, kata Wirawan bereaksi cepat dengan merazia sejumlah kendaran yang melewati jalur lintas karena, khawatir ada tahanan melewati Rokan Hulu menuju sejumlah daerah tetangga, misalnya Sumatra Utara.

“Sepanjang dilakukannya Razia, jajaran polres Rohul belum ada menemukan adanya salah satu napi yang kabur yang melintasi kota Pasir Pengaraian,” ucapnya.

Terakhir, Wirawan berharap kepada masyarakat Rokan Hulu apabila dilingkungannya terdapat masyarakat baru, yang baru dikenal dan mencurigakan agar segera melapor kepada perangkat desa dan pihak berwajib, agar bisa segera ditelusuri apakah merupakan salah satu dari Napi yang kabur.

Sejauh ini, terang Wirawan Polres Rohul sudah berhasil menangkap kembali Tiga Tahanan yang kabur dari Rutan Sialang Bungkuk Pekanbaru. Tiga tahanan tersebut masing-masing ditangkap di Pasir Pengaraian saat menumpang di Bus Umum saat mencoba kabur ke kampung halamanya di Sumatera Utara. Sementara Dua tahanan lain diserahkan keluarganya ke Polsek Kunto Darusalam dan Polsek Rambah.

“Tiga tahanan yang berhasil ditangkap kembali itu, kini dititipkan di Lapas Kelas II B Pasir Pengaraian, bersama 38 Tahanan Sialang Bungkuk lainya yang dititipkan di sana,” pungkasnya.***( Alfian)