Tim BPKAD Pekanbaru Tetap Inventarisasi Aset SKPD

Tidak ada komentar 761 views
example banner

Pekanbaru, Riauandalas.com– Pemerintah Kota Pekanbaru tahun 2008 dapat memperoleh opini WTP. Namun setelah itu, sejak tahun 2009 silam, hingga sekarang opini BPK RI terhadap validitas laporan keuangan pemerintah kota Pekanbaru turun menjadi WDP dengan point “pengelolaan aset” yang menjadi salah satu permasalahan dan kendala yang dihadapi. Karena itu, Pemerintah Kota Pekanbaru melalui BPKAD pada tahun 2014 melakukan inventarisasi menyeluruh terhadap aset atau barang milik daerah kota Pekanbaru dengan mengerahkan tim pelaksana pada masing-masing SKPD.

Ir.H.Musa

“Dari total 44 SKPD pada Pemerintah Kota Pekanbaru Tahun 2014, tersisa 3 SKPD yang masih mempunyai catatan dari hasil audit BPK RI. “Adapun 3 (tiga) SKPD yang dimaksud adalah Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Sekretariat Daerah. Secara umum, kendala-kendala yang menyebabkan SKPD dimaksud belum dapat menyelesaikan inventarisasi adalah keterbatasan waktu pelaksanaan inventarisasi terhitung hanya efektif selama 6 bulan pada tahun 2014, dan minimnya (ketiadaan) dokumen pendukung dalam hal pencatatan aset selama ini (banyak dokumen aset yang belum ditemukan-red). “ Jelas Kepala Badan Pengelolaan Aset BPKAD Pemerintah Kota Pekanbar, melalui Ir.Dino Prima Kabid Pengelolaan Aset BPKAD Pemerintah Kota Pekanbaru Ir.Dino Prima.

“Sedangkan jumlah aset yang harus diinventarisasi pada 3 SKPD ditambah dengan Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air dan Dinas Perumahan , Pemukiman dan Cipta Karya dimaksud jumlahnya relatif banyak dibanding SKPD lainnya.” Kabid Pengelolaan Aset BPKAD Pemerintah Kota Pekanbaru.

pemerintah-kota-pekanbaru_h4tdj_4

Lebih lanjut dikatakan Kepala Bidang Pengelolaan Aset BPKAD : “Untuk menyikapi permasalahan diatas, Pemerintah Kota Pekanbaru tetap berkomitmen untuk melanjutkan pelaksanaan inventarisasi pada tahun 2015 dan seterusnya. Untuk menyokong pelaksanaan dimaksud, Pemerintah Kota Pekanbaru tetap akan didampingi oleh pihak BPKP Perwakilan Provinsi Riau,” tutur Kabid Pengelolaan Aset BPKAD Pemerintah Kota Pekanbaru. (Rilis Pengelolaan Aset BPKAD)****