Terganjal RTRW, Sejak Januari Izin Investasi Tidak Bisa Dikeluarkan

example banner

Pekanbaru,Riauandalas.com– Persoalan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) yang terjadi saat ini sangat merugikan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru. Karena belum ditetapkannya RTRW kota,  sejak Januari sampai sekarang izin investasi tidak bisa di keluarkan.Walikota Pekanbaru DR.H. Firdaus,ST.MT Audiensi Bersama Pengurus Muhammadiyah di Ruang Rapat Kediaman Walikota Pekanbaru. Sabtu ( 13 Februari 2016 ) (2)

Walikota Pekanbaru Dr Firdaus MT, senin (14/3) mengatakan, tidak bisa dikeluarkannya izin investasi di Pekanbaru karena kepastian hukum tentang RTRW belum juga tuntas.”RTRW Kota Pekanbaru berakhir pada Desember 2015. Untuk memperpanjang ketentuan RTRW sudah disusun pemko dan bahkan sudah di plenokan perdanya. Kemudian diajukan ke pemerintah provinsi agar dapat miliki payung hukum lebih kuat dengan undang-undang, namun sampai hari ini tidak jelas titik terangnya,” ujarnya.

Ia melanjutkan, kondisi ini mengakibatkan kerugian bagi pemko dalam mengembangkan potensi yang ada lewat investasi.”Jangankan investasi luar negeri, investasi dalam negeri saja tidak bisa mendapatkan izin,” ungkapnya.

Pemerintah provinsi sampai kini tam memberikan penjelasan memuaskan.”Pemprov tidak ada memberikan jawaban tertulis dari RTRW yang diajukan, sehingga kondisinya menjadi mengambang,” imbuhnya.

Menurut Firdaus, diterima atau tidak terhadap RTRW yang diajukan tidak menjadi persoalan.”Yang terpenting ada jawaban tertulis disampaikan. Sehingga pemko bisa mengambil langkah-langkah lainnya,” tegasnya.