Tak Ada APBN, Dewan Persiapkan bangun Fly Over Pake APBD

Tidak ada komentar 1232 views
example banner
Ilustarsi

Ilustarsi

PEKANBARU, Riau Andalas.com– Meskipun Detail engineering design (DED) sudah tuntas, rencana pembangunan fly over Mal SKA dan Pasar Pagi Arengka Tahun 2016 ini terancam batal. Pasalnya, hingga kini belum ada tanda-tanda anggaran bantuan dari APBN.

Menurut Sekretaris Komisi D DPRD Riau Asri Auzar, jika bantuan APBN tahun 2016 ini tidak bisa direalisasikan, pihaknya akan mengusulkan pada APBD 2017 2017. Intinya pembangunan fly over Mall SKA dan persimpangan arengka tersebut bisa dibangun. Karena sangat dibutuhkan menimbang kemacetan yang tak bisa dihindarkan lagi. Terutama pada jam kerja.

“Kita memang belum tau pasti apa alasan belum adanya anggaran APBN itu dair pusat, tapi kemungkinanya terkait devisit anggaran APBN. Sehingga bantuan belum bisa disalurkan,” kata Asri Auzar.

Selain itu katanya, pembangunan fly over itu tidak hanya mengatasi kemacetan yang saat ini terus terjadi. Tapi juga untuk keindahan perkotaan. Dimana dengan adanya fly over itu bisa mencerminkan jika perkotaan itu jauh berkembang. Dalam artian perkembangan yang memiliki solusi dalam segala aspek. Diantaranya mengatasi kemacetan yang hampir menjadi permasalahan di seluruh daerah di Indonesia.

“Untuk itu bagaimananpun juga kita akan mengupayakan dua fly over itu segera dibangunan,” kata Politisi Demokrat ini.

Disinggung anggaran untuk pembangunan dua fly over tersebut, Politisi Demokrat ini menyampaikan, akan menghabiskan sekitar Rp600 Miliar.  Dimana sebelumnya sudah dibuat perencanaanya melalui DED. Karena belum ada penjelasan dari pemerintah pusat, maka pihaknya akan merencanakan dalam APBD Riau 2017. “Yang pasti kalau memang tidak ada dari APBN kita akan anggarkan di APBD Riau,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Wakil Ketua Komisi D Hardianto. Jika untuk penggesahan pembangunan dua fly over tersebut, ia akan mengundang pihak Dinas Bina Marga Provinsi Riau untuk melakukan pembahasan dan mencari jalan keluar pembangunan fly over bisa dislenggarakan secepat mungkin.

“Ini merupakan kepentingan orang banyak, dan juga sangat dibutuhkan. Bahkan dalam pertemuan nanti kita juga akan membahas kelanjutan pembangunan Jembatan Siak IV yang juga sudah lama ditunggu masyarakat,” tutur politisi Gerindra ini.