Suzuki Motor Mematenkan Mesin berturbo mirip dengan Recursion

Tokyo -Industri kendaraan bermotor roda dua kini memasuki tren baru yakni penggunaan mesin yang dilengkapi turbocharger, dan salah pabrikan yang telah mewujudkannya adalah Kawasaki dengan model H2. Tak ingin ketinggalan tren ini, Suzuki Motors telah mematenkan mesin berturbo kreasinya yang dari desainnya mirip dengan Recursion.

Seperti diwartakan Autoevolution, Selasa (31/3/2015), tak seperti Kawasaki H2 yang menggunakan mesin berkapasitas 1.000 cc untuk dipasangi supercharger, Suzuki menggunakan mesin yang lebih kecil. Mesin itu hanya berkapasitas 588 cc yang nantinya diimbuhi twin turbo secara paralel.

Hasilnya diklaim bakal lebih dahsyat ketimbang mesin yang diusung Suzuki GSX-R600. Meski baru berwujud konsep, namun pabrikan asal Jepang itu menyebut, tenaga yang dihasilkan mesin Recursion itu menyentuh angka 100 hp dan torsi 100 Nm.

Keunggulan lain yang ditawarkan adalah, mesin ini lebih irit bahan bakar. Tentu dibanding dengan mesin sekelasnya.

Selain itu semburan tenaga sudah terasa di saat putaran mesin rendah, sehingga cocok juga untuk pengendara yang berkendara di jalan kota.

Dengan karakter seperti itu, Suzuki sepertinya ingin mewujudkan motor yang mengusung mesin itu bakal populer karena harga terjangkau.