Suntik Campak, Posyandu Tunggu Lengkap Balita

Tidak ada komentar 455 views
example banner

1-pendistribusian-pmt-asi-dinas-kesehatan-kota-pekanbaru-di-puskesmas-rawat-inap-sidomulyo-tampan

*Satu kemasan untuk 15 Balita

PEKANBARU, Riau Andalas.com– Pemberian suntik campak untuk Balita Posyandu maupun puskesmas masih kekurangan obat, buktinya untuk pemberian harus melakukan pengehmatan dan menunggu pengumpulan Balita sebelum diberikan suntik campak.

Seperti yang dilakukan Posyandu RW04 Kelurahan Tangkerang Timur Kecamatan Tenayan Raya, dimana untuk memberikan suntik campak Posyandu harus menunggu Balita terkumpul sesuai takaran obat yang perbotolnya bisa diberikan untuk 15 orang Balita.

Menurut salah seorang petugas Posyandu Nurmala, maksud mengumpulkan Balita untuk pemberian suntik campak itu, agar obat tidak terbuang sia-sia, karena obat campak apa bila telah digunakan harus habis secara keseluruhan. Jika tidak, sisa obat tidak bisa lagi digunakan dan diberikan pada Balita. Maka itu untuk pemberian suntik campak menunggu jumlah Balita cukup sesuai obat yang tersedia dalam kemasan.

“Kalau masalah gk ada masalah, karena suntik campak itu hanya sekali untuk satu Balita, maka itu dilakukan secara bersama dan tidak terbuang sia-sia obatnya,” kata Nurmala.

Sementara salah sorang ibu balita Elvia, menyampaikan sudah dua kali diundur diberikan suntik campak dari puskesmas. Karena Balitanya belum cukup terkumpul, sehingga ditunda minggu depan.

“Seharusnya hari ini (Selasa 4/10. Red), tapi belum cukup juga, ya diundur lagi minggu depan,” kata Elvia slalu ikuti program Posyandu dan puskesmas. (Dr)