Sukseskan Program Upsus Pajale 2019, Dinas TPH Rohul Libatkan Peran Penyuluh

ROKAN HULU, Riauandalas.com – Program Upaya Khusus (Upsus) peningkatan Padi, Jagung dan Kedele (Pajale), kembali dimaksimalkan Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) tahun 2019 ini.

Diakui Kepala Dinas TPH Rohul Mubrizal SP, MMA, pihaknya sudah lakukan rapat rutin bersama seluruh Koordinator Penyuluh di tingkat kecamatan, alam upaya memaksimalkan Upsus Pajale 2019.

Diakui Mubrizal, rapat rutin sangat penting dilakukan, dalam upaya memaksimalkan program Upsus Pajale. Dampaknya, baik tanaman padi, jagung, dan kedele bisa ditanam sesuai jadwal yang telah ditentukan.

“Penanaman sesuai jadwal sangat menentukan hasil yang akan diperoleh. Kalau sudah melewati jadwal tentunya hasil bisa tidak maksimal,” kata Mubrizal, Jumat (15/3/2019).

Katanya lagi, rapat yang dihadiri Koordinator Penyuluh dari seluruh kecamatan diharapkan bisa memberikan pemahaman ke seluruh penyuluh, untuk memaksimalkan laporan petani di lapangan.

Juga disebutkan Mubrizal, bahwa penyuluh merupakan ujung tobak kegiatan pertanian di tingkat lapangan. Dari itu, dirinya minta seluruh koordinator mengarahkan para penyuluh membuat jadwal ‎kegiatan yang akan dilaksanakan.

“Laporan harus segera dilaksanakan, agar jadwal penanaman bisa terlaksana sesuai jadwal yang telah ditentukan,” harapnya.

Tambah Mubrizal, terkait v jadwal penanaman padi sawah, jagung, dan kedelai akan dilaksanakan  di Maret sampai April. Sedangkan padi gogo, sesuai jadwalnya baru akan ditanam mulai Agustus 2019.

Diungkapkannya, di 2019 ini, untuk bibit jagung bantuan dari APBN akan ditanam di Kabupaten Rokan Hulu di lahan sekira 1.500 hektar, padi gogo sekira 4.795 hektar, padi sawah 1.000 hektar, sedangkan bibit kedelai akan ditanam di lahan sekira 50 hektar.

Mubrizal juga mengharapkan, koordinator dan penyuluh lebih memaksimalkan perannya dalam ikut mensukseskan program Upsus Pajale 2019, sehingga program pemerintah pusat tersebut benar-benar dirasakan masyarakat Kabupaten Rohul.

“Saya berharap, peran penyuluh lapangan bisa lebih dimaksimalkan guna mensukseskan program tersebut,” harap Kadis TPH Rohul Mubrizal.***(Alfian Tob)

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0852 6596 3225
via EMAIL: riau_andalas@yahoo.com atau Riauandalas@gmail.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Sukseskan Program Upsus Pajale 2019, Dinas TPH Rohul Libatkan Peran Penyuluh"