Sukses Panen Padi di Rohil, Danrem 031/WB Kembali Resmikan Tanam Jagung Perdana Binaan Kodim 0313/Kampar

example banner

PEKANBARU – Komandan Korem (Danrem) 031/Wira Bima, Brigjen TNI M Syech Ismed SE MHan bersama Gubernur Riau (Gubri) H Syamsuar dan Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Iman Effendi SH SIK MSi resmikan tanam jagung perdana yang dikelola Kelompok Tani Hutan (KTH) Sedang Berkah Aryasatya (Sebar) Binaan Kodim 0313/Kampar, Jajaran Korem 031/WB. Rabu (16/9) di lahan hutan industri PT, Arara Abadi Desa Bencah Kelubi, Kecamatan Tepung, Kabupaten Kampar.

Penanaman jagung di lahan seluas 25 hektar tersebut, dalam rangka mendukung program ketahanan pangan di Riau yang juga bekerjasama dengan PT, Arara Abadi, DLHK dan Dinas Pertanian di Riau. Dimana tanam jagung perdana ini juga merupakan program kedua diresmikan Danrem 031/WB setelah panen raya padi hasil kelompok tani
Kodim 0321/Rohil di Kabupaten Rohil Beberapa waktu lalu.

Dalam sambutannya, Danrem 031/WB, Brigjen TNI M Syech Ismed SE MHan mengatakan, sangat menyambut baik dan mengapresiasi program pembukaan lahan pertanian yang dilaksanakan kelompok tani binaan Kodim 0313/Kampar bekerjasama dengan PT Arara Abadi. Tambah lagi pengelolaan lahan tersebut dengan sistim tumpang sari yang merupakan terobosan baru di lahan hutan industri yang selama ini juga belum pernah dilakukan di Riau.

“Ini sangat luar biasa, karena itu saya mengapresiasi Kelompok Tani Hutan Sebar dan Kodim 0313/Kampar yang telah berhasil mengolah lahan kosong menjadi lahan pertanian. Tambah lagi pengelolaan lahan ini di tengah kondisi wabah Pandemi Covid 19,” kata Danrem.

Jenderal bintang satu ini, juga tidak lupa mengucapkan terimakasih kepada PT Arara Abadi yang telah bersedia lahannya di tumpang sari untuk pertanian. Dan juga kepada Dinas LHK serta Dinas Pertanian Riau yang telah bersedia memfasilitasi program ketahanan pangan yang dimotori jajaran Korem 031/WB ini.

Program ketahan pangan ini merupakan program yang terus digalakkan oleh TNI AD bersama jajaran di berbagai daerah. Dimana tanaman jagung juga sangat potensial untuk memenuhi kebutuhan pangan yang bernilai ekonomis.

“Saya berharap tanaman jagung ini dapat dipelihara dengan baik agar bisa memperoleh hasil yang optimal. Sehingga kedepan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memenuhi swasembada pangan di Riau,” harapnya.

Lebih jauh kata putra asli Bumi Lancang Kuning ini, ia bersama seluruh jajaran Korem 031/WB di Provinsi Riau akan terus melakukan pembinaan dan pendampingan untuk bidang pertanian ini. Dimana semua ini juga akan terus bekerjasama dengan pemerintah daerah maupun kementerian pertanian demi mewujudkan swasembada pangan dan kesejahteraan masyarakat kedepan.

Disamping program ketahanan pangan ini, Korem 031/WB beserta Kodim dan jajaran juga sudah melaksanakan program khusus untuk masyarakat Riau. Seperti program Babinsa Bersama Bapak Angkat (Berbakat) bantu UMKM, dan Babinsa Berbagai Kuota Internet (Berkibar) untuk keluarga tidak mampu yang terdampak Covid 19.

“Program ini, juga merupakan salah satu bentuk kepedulian Korem 031 /WB bersama Kodim dan jajaran kepada masyarakat yang terdampak Covid 19 saat ini. Dengan harapan adanya program-program ini bisa meringankan beban yang di alami masyarakat saat ini,” tutur Danrem.

Sebagai informasi, tanam perdana jagung program KTH Sebar binaan Kodim 0313/Kampar ini juga dihadiri PJU Korem 031/WB, Danyonif 132/BS, Forkopimda Riau, Bupati Kampar, Kadis DLHK dan Kadis Pertanian Riau, pihak PT Arara Abadi, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda, tokoh agama, ninik mamak serta undangan lainya.(dre)