Siswa berprestasi di Medan kurang tertarik melanjutkan Pendidikan keUniversitas USU, Begini Langkah di Tempuh Rektor USU.

Foto Tibunmedan

MEDAN,Riau Andalas.com –Mengapa  Siswa berprestasi dari berbagai sekolah favorit di Kota Medan, kurang tertarik melanjutkan pendidikan keUniversitas Sumatera Utara (USU). Mereka beranggapan kualitas USU tidak sebagus Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Pulau Jawa.

Siswa yang ingin masuk perguruan tinggi negeri (PTN) bisa melalui dua jalur, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Siswa berprestasi SMA Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyyah (YPSA) Medan, Yustika. Ia mengaku, tidak kepincut kuliah di USU, karena akreditasinya kalah dengan perguruan tinggi negeri ternama di Pulau Jawa.

“Saya tidak pengin kuliah di USU, hanya pengin ambil UI atau universitas ternamaan lain di Jawa. Kalau tak lulus pun kuliah di swasta aja,” ujarnya kepada Tribun Medan.

Ia menambahkan, banyak faktor penyebab mengapa ia tidak kepengin kuliah di USU. Satu di antaranya akreditasi institusi USU sudah kalah dengan Unimed. Tidak hanya itu, kampus USU juga berdekatan dengan sekolah dan rumahnya. Sehingga, tidak ada suasana baru, jika melanjutkan studi di USU.

Menurutnya, suatu kebanggaan Unimed mendapat akreditasi A dari BAN PT. Sehingga, kualitas perguruan tinggi negeri di Sumut tidak kalah dengan provinsi lain di Sumatera.

“Di Aceh sudah ada kampus yang dapat akreditasi A. Begitu juga di Padang. Kemudian di Palembang. Jadi, kalau Unimed dapatakreditasi A bagus, tidak kalah dengan daerah lain,” katanya.

Meskipun ia tidak yakin USU masih jadi kampus nomor satu di Sumatera Utara, bukan berarti kualitas USU jelek. Sebab, lulusan USU banyak yang sukses.

“Insya Allah lulus di UI. Saya pengin bisa memahami bagaimana karakter manusia. Jadi, pengin ambil jurusan psikologi,” ujarnya.

Sumber Tribun medan