Setdaprov Riau Minta OPD Kejar Anggaran Pusat

Tidak ada komentar 97 views

Pembangunan Minim, Kadis Harus Inovatif

PEKANBARU,Riauandalas.com- Setdaprov Riau Yan Prana Jaya nilai pembangunan Riau masih jauh dibawah maksimal. Terutama terkait infrastruktur yang kuncinya kembali kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang harus bisa kreatif dan inovatif untuk peningkatan.

Hal tersebut disampaikan Yan Prana, setelah melakukan pertemuan dengan Dirjen Anggaran Kemenkeu Askolani. Selasa (21/1) di Jakarta. Dikatakannya jika pembangunan uang dinilai minim itu berada pada pembangunan infrastruktur jalan. Untuk itu ia meminta seluruh OPD terkait khusunya PUPR yang harus lebih kreatif untuk membuat program dan tidak hanya bergantung pada angaran daerah, tapi bisa mengejar anggaran dari pusat.

“Persoalan infrastruktur ini sudah lama, maka itu OPD tidak bisa tinggal dan harus bisa lebih kreatif untuk membuat program,” katanya.

Selain itu katanya, selama ini Riau di nina bobokkan oleh DBH Migas. Padahal dananya terus menurun. Sehingga dampaknya infrastruktur di Riau masih minim. Itu juga terjadi pada beberapa infrastruktur lainya seperti bandara yang masih di tengah kota yang juga berpengaruh pada pengembangan kota.

“Oleh sebab itu, Pemprov Riau berupaya menjalin komunikasi dengan Pemerintah Pusat, bagaimana agar Riau menjadi prioritas untuk pembangunan,” jelasnya.

Sementara, Dirjen Anggaran Askolani mengamini apa yang disampaikan Sekdaprov Riau. Menurutnya, banyak skema yang bisa digunakan untuk memacu pembangunan. Jika konsep yang disampaikan daerah ke pusat bagus dan masuk akal, tentu akan didukung.
“Memang kita harus inovatif. Kalau terpaku hanya dengan APBD ya sulit maju,” ucapnya.

Ia mencontohkan Sumsel yang saat ini menjadi provinsi yang terdepan di Sumatera. “Dulu kalah dengan Sumut dan lain-lain. Tapi dalam 15 atau 10 tahun terakhir, luar biasa. Infrastrukturnya maju, ekonominya bergerak,” katanya.

Kondisi Riau dengan Sumsel dalam hal SDA hampir sama. Tapi sebenarnya Riau lebih kaya karena minyak. Itu sebabnya, Dirjen Anggaran sangat setuju agar Pemprov Riau terus berupaya menggesa pembangunan Riau dengan menggandeng berbagai pihak, termasuk swasta seperti PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero).

“Sudah banyak daerah yang bisa menggunakan jasa SMI ini,” tandasnya.(dre)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Setdaprov Riau Minta OPD Kejar Anggaran Pusat"