Sensus Penduduk Tahun 2020 menggunakan sistem Online.

Tidak ada komentar 82 views

INHU, Riauandalas.com-Sensus Penduduk ( SP ) sejak 15 Februari lalu sudah mulai dilaksanakan, termasuk di Kabupaten Inhu, Riau. Sensus penduduk tahun 2020 menggunakan sistim online.

Untuk mensukseskan pelaksanaan sensus penduduk di Inhu, Badan Pusat Stattistik (BPS) melakukan rapat koordinasi kecamatan (Rakorcam) yang dihadiri seluruh Kepala Desa dan Lurah.

Sejauh ini, dari 14 Kecamatan yang ada di Kab Inhu, sudah 11 Kecamatan yang sudah melaksanakan Rakorcam dan tersisa 3 Kecamatan saja yang belum.

Hari ini Rakorcam berlangsung di Kecamatan Sungai Lala disusul kecamatan lain. Jumat direncanakan pelaksanaan Rakorcam selesai, ujar Kepala BPS Kabupaten Inhu, Morhan Tambunan kepada wartawan  Rabu (26/2/2020).

Sensus penduduk dilaksanakan sekali 10 tahun dan tahun 2020 menggunakan sistem online. Nantinya, kata Morhan, Masyarakat cukup mengunduh sistem online tersebut dari Hp android dan mengakses NIK kependudukan melalui situs sensus.Bps.go.id.

Sensus dengan sistem online akan berlangsung sampai 31 Maret. April nanti, BPS akan merekrut petugas untuk melakukan wawancara sensus penduduk dari tanggal 1-31 Juli 2020 untuk memastikan semua penduduk Kab Inhu masuk data base kependudukan.

Camat Sei Lala, Elpahri Adha mengatakan, Kepala Desa sebagai ujung tombak diharapkan  berpartisipasi aktif melaksankan SP 2020. Kecamatan Sei Lala memiliki 12 desa dan 8 Desa di antaranya berada di wilayah DAS dengan jumlah penduduk 427.774 jiwa. js.