Sekjen Kemenag RI bersama DPP SantanNU Tanam Kurma Varietas Kurma Sekjen di Agrowisata RA Kopi Aren.

PEKANBARU, Riauandalas.com- Sekretatis Jenderal Kementerian Agama (Kemenag) RI, Prof Dr KH Nizar Ali MAg melakukan kunjungan ke Agrowisata RA Kopi Aren, di Palas, Kecamatan Rumbai, Kota Pekanbaru.

Dalam kunjungan itu, Sekjen Kementerian Agama RI didampingi Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Santri Tani Nahdlatul Ulama (DPP SantanNU) Rusli Ahmad.

Tampak hadir juga saat itu Ketua MUI Riau Prof DR Nazir Karim, Ketua MUI Pekanbaru Prof H Ilyas Husti, Kakanwil Kementerian Agama Riau Drs H Mahyudin MA, Sekda Kabupaten Kepulauan Meranti DR Kamsol, Mantan Kajati Sumbar yang sekarang berdinas di Kejaksaan Agung RI Amran SH MH, Lurah Palas Kecamatan Rumbai Tengku Rifki.

Pada kunjungan tersebut, Sekjen Kemenag RI Prof Dr KH Nizar Ali MAg melakukan penanaman bibit Kurma. Bibit yang ditanam varietas dinamakan Kurma Sekjen.

Selain itu Sekjen Kemenag RI juga melakukan penanaman Aren, jahe merah terong, cabe merah. Bukan itu saja, Sekjen Kemenag RI secara simbolis meletakkan batu pertama Mushala Agung Setiya dan menyerahkan bibit jahe merah kepada ratusan kepala keluarga yang ada dikawan Agrowisata RA Kopi Aren.

Kegiatan lain yang dilakukan Kemenag RI saat itu melepaskan 1 ton ikan patin dikolam pemancingan yang terdapat di Agrowisata RA Kopi Aren.

Ketua Umum DPP SantanNU, Rusli Ahmad menambahkan, kedatangan Sekjen Kemenag RI yang juga Dewan Penasehat DPP SantanNU ini untuk melihat secara langsung kawasan Agrowisata RA Kopi Aren.

“Kami memiliki salah satu program yakni meningkatkan kesejahteraan keluarga. Sudah dilakukan yakni program ketahanan pangan keluarga. Dengan menyerahkan bibit jahe merah keoada ratusan kepala keluarga yang ada disekitar RA Kopi Aren,” ujar Rusli Ahmad kepada media, Sabtu (26/12/2020).

Menurut dia, dengan adanya Agrowisata RA Kopi Aren bisa memberikan nilai tambah yang besar dan pertumbuhan ekonomi inklusif serta terjaganya mutu lingkungan di Kota Pekanbaru.

“Penerintah pusat memberikan kemudahan masyarakat untuk berinovasi memanfaatkan sumber penghidupan mereka. Kami siap membantu masyarakat melakukan kreativitas dan inovasi untuk memberi nilai tambah bagi kehidupan,”jelasnya.

Dengan kata lain, DPP SantanNU ingin memberikan perubahan yang signifikan bagi kehidupan sosial dan perekonomian masyarakat, namun tetap mempertahankan kelestarian alam. Inilah yang menjadi konsep kami dalam membuat program kesejahteraan petani

DPP SantanNU, sebut dia juga ingin mengenalkan dunia pertanian dan sejumlah alsintan kepada para santri dan petani, agar menjadi santri handal di masyarakat.

Sekretatis Jenderal Kementerian Agama (Kemenag) RI, Prof Dr KH Nizar Ali MAg mengatakan, dirinya sangat mendukung program DPP SantanNU yang mempunyai keinginan bersama menjaga ketahanan pangan.

Menurut dia, program ketahanan pangan yang sudah dilaksanakan DPP SantanNU terbukti mampu mengangkat ekonomi petani lokal dan masyarakat sekitar.

“Agrowisata RA Kopi Aren ini harus di manfaatkan dengan betul, apalagi sekarang trennya adalah tempat wisata yang menyatu dengan alam. Untuk menarik orang orang kota yang mungkin tidak pernah main ke kebun,” jelasnya.

Disisi lain, dihari yang sama Wali Kota Pekanbaru juga melakukan penanaman bibit Kurma. Kurma dengan varietas Kurma Firdaus ini ditanam langsung Firdaus bersana Ketua Umum DPP SantanNU Rusli Ahmad.

“Pak Wali Kota Pekanbaru Firdaus juga sudah melakukan penanaman Kurma Firdaus. Dan menyerahkan serta menanam langsung bibit jahe merah, cabe, dan terong dilokasi Agrowisata RA Kopi Aren,”ungkapnya.

“DPP SantanNU juga menyerahkan bantuan ke pondok pesantren dan anak yatim,”sambungnya mengakhiri.