Sekdaprov Riau Tekankan Pentingnya Tertib Administrasi Penggunaan Dana Covid-19

example banner

PEKANBARU- Sekdaprov Riau H Yan Prana Jaya telah menekankan kepada OPD di lingkungan Pemprov Riau untuk segera menertibkan administrasi anggaran belanja alat kesehatan (Alkes) dalam penanganan Covid-19.
“Persoalan administrasi ini kita mesti hati-hati. Jangan nanti sampai setelah selesai Covid-19, muncul permasalahan,” kata Yan Prana, Jumat (18/9/20) di Pekanbaru.
Yan mengakui, sejumlah OPD yang membelanjakan anggaran Covid-19 saat ini tengah melengkapi administrasi penggunaannya. Meski anggaran ini termasuk dana darurat, namun kata Yan administrasinya harus dilengkapi.
“Kan ada prosedurnya. Memang darurat, tetapi kalau administrasi tidak lengkap, kan berbahaya,” tegas Yan lagi.
Pada kesempatan itu, Yan juga menyampaikan jika harga Alkes di saat pandemi ini tentu melonjak tajam dan tidak sama dengan harga sebelum munculnya wabah Covid-19. Hal ini diperparah, dengan banyaknya pesanan yang menjadikan alat itu semakin langka dan mahal.
“Artinya, kita akan memberlakukan harga pasar. Ketika harga pasarnya tinggi, kita tentu harus beli dan memang benar itu adanya,” ulas Yan.
Namun yang terpenting lanjut Yan, pemerintah pusat selalu menekankan kepada pemerintah daerah atau OPD terkait untuk tidak ada niat ‘bermain’ kolusi dalam pembelian alat kesehatan Covid-19 itu. Sehingga pembelian alat kesehatan itu memang sesuai dengan harga pasar saat ini.