Sekda Tutup MTQ ke-XVII Rohul,Kecamatan Rambah Raih Trophy

ROKAN HULU, Riau Andalas. com   – Dari perhelatan akbar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke XVII tahun 2017 tingkat Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Sabtu (26/8/2017) resmi ditutup Sekretaris Daerah (Sekda) Rohul Ir Damri Harun MM, di Astaka MTQ lapangan Dataran Tinggi Pematang Baih Pasir Pangaraian.

MTQ  ke-XVII tahun ini, Kecamatan Rambah meraih juara umum untuk ketiga kalinya berturut-turut meraih juara umum, sehingga berhak raih tropy bergilir yang selama ini diperebutkan oleh 16 kecamatan se-Rohul, menjadi tropy tetap bagi Kecamatan Rambah.

Di penutupan MTQ ke-XVII tingkat Kabupaten Rohul, dihadiri Kepala

Biro Kesra Provinsi Riau H. Masrul Kasmi M.Si, Kapolres Rohul AKBP Yusup Rahmanto SIK MH, Plt Kadiskominfo Rohul Sugiyarno SPM.Si, Kakankemenag Rohul, Syahruddin. M.Sy, Anggota DPRD Rohul Mazril, beberapa Kepala Dinas, Kepala Badan dan Kantor di Lingkungan Pemkab Rohul.

Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Dewan Hakim MTQ Ke XVII Tingkat Kabupaten Rokan Hulu dengan Nomor Kpts: 03/DH/-MTQ-RH/2017 tentang Peneteapan Juara Umum MTQ ke XVII, juara umum di raih Kecamatan Rambah dengan jumlah poin 40, berikut nilai dan peringkat disetiap Kecamatan.

Kemudian menyusul, Kecamatan Rambah Samo dengan point 29, Rambah Hilir poin 22 (jumlah juara 1 lebih banyak), Rokan IV Koto dengan poin 22, Kecamatan Kunto Darussalam dengan poin 21. Lalu, Kecamatan Kabun poin 21 (juara 2 lebih banyak), Bangun Purba 20 poni.

Lalu, kecamatan Pendalian IV Koto 19 Poin, Bonai Darussalam 17 poin, Tandun 13 Poin, Tambusai 11 poin, Pagaran Tapah Darussalam 10 poin, Kepenuhan Hulu 7 poin, Tambusai Utara 6 poin,  Kepenuhan 2 poin dan 16. Kecamatan Ujung Batu 2 poin.

Dikatakan Ketua LPTQ Kecamatan Rambah Abdulrahman Jailani M.Sy, usai penutupan MTQ ke-XVII, mengucapkan apresiasi ke pemerintah Kecamatan Rambah yang sudah berhasil kembali meraih juara umum.

Hal itu tidak terlepas dari persiapan dan pembinaan-pembinaan ke seluruh qori dan qoriah kecamatan Rambah. Diakui Abdurahman, MTQ ke XVII tahun 2017, menjadi target juara umum, pasalnya Rambah sudah 2 kali menjadi juara umum, otomatis juara umum tahun ini, piala tetap menjadi milik Kecamatan Rambah.

“Melalui perjuangan kami MTQ tahun ini sangat berat, kami wajib menjadi juara umum, jika tidak juara umum tahun ini maka kami harus ulang lagi dari awal. Tapi alhamdulillah berkat kerja keras kami dan para qori-qori’ah kecamatan Rambah, kami meraih juara umum, otomatis piala ini menjadi piala tetap untuk kecamatan Rambah,” sebut KUA Kecamatan Rambah.

Sekda Rohul dalam arahannya mengatakan, tujuan pelaksanaan MTQ untuk menysiarkan dan membumikan AL Quran, serta jalin silaturrahmi antara kecamatan, dan menjadikan MTQ memperdalam dan hayati isi kandungan Al Quran.

“Saya berterima kasih, terhadap dewan hakim dan dewan juri, berharap melalui pelaksanaan MTQ bisa membumikan syiar Islam dan Al Quran di masyarakat luas,” kata Sekda.

Sekda juga memohon maaf, atas ketidakhadiran Bupati Rohul, H Suparman dan Wakil Bupat H Sukiman,karena adanya tugas (dinas) luar. Namun, tujuan MTQ mencarti bibit qori-qoriah untuk bisa menjadi duta Rohul di tingkat MTQ Provinsi Riau tahun ini di Kota Dumai.

“Bagi yang belum juara, berharap agar bisa lebih meningkatkan lagi kempuannya,” sebut Sekda.

Di penutup kegiatan, Sekda Rohul menyerahkan tropy begilir menjadi tropy tetap sebagai juara Umum MTQ Rohul berturut-turut ke 3 kalinya, kepada Camat Rambah, M. Franovandi, S.STP, M.Si, didampingi pejabat Forkompinda lainnya. ***( Adv/Humas)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Sekda Tutup MTQ ke-XVII Rohul,Kecamatan Rambah Raih Trophy"