Sekda Rohil Buka Ajang Pekan Olah Raga Tingkat Pelajar

 

Laporan : Said Yasril kordintor Rohil


 

Bagansiapiapi,Riauandalas.com–Plt Sekda Rohil Drs. H. Surya Arfan, M.Si membuka secara resmi Pekan Olahraga Pelajar Kabupaten (Popkab) Rokan Hilir 2016, sekaligus apel bersama jajaran Pemkab Rohil pagi senin 11 April 2016 di halaman Kantor Bupati tepat nya Jalan Merdeka Di Bagan Siapi-Api Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir,

Acara ini di lakukan tujuan nya adalah untuk meningkat kan prestasi dan evaluasi bagi para pelajar yang mempunyai bakat disetiap kecamatan yang ada di Kabupaten Rokan Hilir.

Plt Sekda Surya Arfan, Wakil ketau DPRD Abdul Kosim, Komiaris Utama Bank Riau Mambang Mit dan Forkopimda saat melepas burung merpati pembukaan POPKAB Rohil 2016

Plt Sekda Surya Arfan, Wakil ketau DPRD Abdul Kosim, Komiaris Utama Bank Riau Mambang Mit dan Forkopimda saat melepas burung merpati pembukaan POPKAB Rohil 2016

berlangsung nya (Popkab) Rohil tersebut ditandai dengan pelepasan burung Merpati oleh Sekda Rohil Drs,H.Surya Arfan MSI,Komisaris Bank Riau Kepri Hr Mambang Mit dan Forkopimda.

Dalam ajang ini Plt Sekda Rohil Drs,H,Surya Arfan MSi,menyebut kan Pekan Olah raga Pelajar Kabupaten adalah salah satu moments penting dalam rangka melahirkan atlit-atlit pelajar yang berprestasi, kemudian lanjut Surya bahwa ajang tersebut ia berharap dapat mengharumkan dengan membawa nama Rokan Hilir pada Pekan Olahraga Pelajar Daerah XII yang akan dilaksana kan 23-30 Mei 2016 di Pekanbaru. dan sekaligus nanti nya akan di laksanakan sebagai pemetaan prestasi atlit-atlit mengikuti Pekan Olahraga Provinsi Riau di Kampar tahun 2017 mendatang.

“Disini lah momen untuk mencari atlit-atlit yang berbakat sehingga jalannya pertandingan objektif dan sesuai kemapuan diraih oleh para pelajar kita, terang Sekda.

Ia menjelas kan bahwa Popkab Rokan Hilir yang berasal dari 18 kecamatan yang akan mengikuti pekan olah raga tersebut adalah merupakan salah satu ajang seleksi untuk mengikuti Popda tingkat Provinsi Riau. bahkan Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir akan memberikan pengharagaan bagi atlit-atlit yang berprestasi, baik ditingkat provinsi maupun ketingkat nasional.

“Kita menghimbau kepada seluruh wasit pertandingan agar menjadi wasit yang jujur, tidak memihak kepada siapapun, serta mematuhi aturan pertandingan setinggi-tingginya. Kepada atlit, kita berharap, didalam pertandingan agar dalam suasana persahabatan,dan menjunjung sportifitas yang tinggi dalam mencipta kan meningkatkan prestasi, baik tingkat provinsi maupun tingkat nasional,terang nya,

Surya berharap, setiap kecamatan mempunyai atlit yang profesional dan berprestasi agar setiap pertandingan dan perlombaan dapat mengirimkan atlit yang membanggakan dan mengharumkan nama baik Kabupaten Rokan Hilir. terhadap cabang-cabang olah raga yang akan dipertandingkan, karena menurut nya, diminta kepada pengurus-pengurus cabang olah raga yang ada di Rokan Hilir tersebut agar dapat bersama-sama memberikan pembinaan, dan memantau serta memberikan perhatian kepada atlit-atlit yang berprestasi, karena awal untuk mencari bibit atlit kita yang berprestasi baik dimulai dari para pelajar,

“acara ini nanatinya selama 5 hari akan diperlomba kan sebanyak 8 cabang olahraga di Kawasan Perkantoran Batu Enam dan Lapangan Koni. tentu nya nanti bagi atlit yang berprestasi akan diberikan penghargaan berupa Trophy dan uang pembinaan dari panitia.dan Ketua Panitia Pelaksana, kata Plt Sekda Rohil Drs,H,Surya Arfan MSi,

sebelum nya Nugraha melaporkan, maksud dan tujuan kegiatan itu digelar untuk meningkatkan prestasi, evaluasi olahraga antar pelajar disetiap kecamatan yang ada di Kabupaten Rokan HIlir.

“Sasaran, olahra gawan ini adalah pelajar yang berasal dari sekolah negeri maupun swasta dibawah naungan dibawah Dinas Pendidikan dan Kementrian Agama, baik tingkat SD, MI, SMP, MTS, SMA, SMK, MA sederajat yang berasal dari 18 kecamatan dengan jumlah atlit 1.200 orang, official 180 orang, serta wasit dan juri 54 orang,” jelasnya.

selain itu cabang olah raga yang dipertandingkan, meliputi atletik,adalah seperti pencak silat, sepak bola, bola volly, sepak takraw, bulu tangkis, tenis meja dan volly pasir, waktu penyelenggaraan 11-16 April 2016, biaya bersumber APBD Rokan Hilir tahun 2016.

hal ini juga dilakukan berbagai raga di salah satu nya ialah Pelepasan balon terbang yang di laksana kan oleh Sekda Rohil Drs,H,Surya Arfan MSi, didampingi juga Wakil Ketua DPRD Abdul Kosim, disaksikan oleh Komisarir Bank Riau Kepri Mambang Mit, Direktur Utama Bank Riau Kepri Irfandi, Pincab Bank Riau Bahrun Amid dan semua forkopimda. Usai pemotongan balon dilakukan pelepasan burung merpati secara serentak.

hanya mengutus 19 orang atlit.hal senada Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Zulkarnain Nur mengatakan, hanya mengutus 19 atlit, namun hal itu pihaknya juga memaklumi bahwa tak semua cabang bisa diikuti oleh tiap-tiap kecamatan. sebab menurut nya dalam ajang pekan olah raga ini panitia tetap akan mempertandingkan semua cabang bagi cabang yang ada pesertanya minimal 2 Kecamatan.

“Semua kita laksanakan dalam ajang ini juga dilakukan seleksi untuk iven Popda tingkat Provinsi,” ujar nya***(said/adv)