Sekda Prov Riau Hadiri Grand Lunching IKP ( Indeks Kerawanan Pemilu ) 2017 di Jakarta

example banner
Sekda Prov Riau H Ahmad Hijazi Hadiri Grand Lunching IKP ( Indeks Kerawanan Pemilu ) 2017 di Hotel Arya Duta Jakarta Pusat
JAKARTA, Riau Andalas.com-Senin, 29 Agustus 2016, Badan Pengawas Pemilu bertempat di Hotel Arya Duta Jakarta Pusat, mengadakan Lunching IKP ( Indeks Kerawanan Pemilu ) 2017. Disaksikan oleh Menkopulhukan RI Jend (Pur) TNI Wiranto, Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo, Jaksa Agung Muhammad Prasetyo, Kepala BIN Sutiyoso, DKPP Prof Jimly, Ketua KPU Juri Ardiantoro, Ketua Bawaslu Prof Dr. Muhammad. Pemerintah daerah yang di undang, Provinsi Riau diwakili oleh Sekda Provinsi Riau Ahmad Hijazi, SE, M.Si.
Indeks Kerawanan Pemilu pada Pemilahan Kepala Daerah tahun 2017 ini adalah salah satu Produk hasil Penelitian Bawaslu RI terhadap penyelenggaraan pemilihan umum (pemilu). Baik Pemilu Legislatif, Pemilu Presiden maupun Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). IKP 2017 merupakan upaya dari Bawaslu RI untuk melakukan pemetaan dan deteksi dini terhadap berbagai potensi pelanggaran dan kerawanan dalam menghadapi pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2017.
Berdasarkan hasil Skoring IKP 2017, daerah yang penyelenggaraan pemilihan Gubernur yang masuk kedalam kategori kerawanan tinggi adalah: Provinsi Papua Barat, Aceh dan Banten. Sedangkan 4 Provinsi lainnya, yaitu Sulawesi Barat, DKI Jakarta, Kepulauan Bangka Belitung dan Gorontalo masuk kedalam Kategori kerawanan sedang.
Bagi para pihak yang memiliki kepentingan, hasil IKP 2017 ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam mewujudkan pemilihan kepala daerah yang semakin baik. Sesuai dengan ketentuan perundang-undangan dan mengedepankan asas demokratis.