Sebanyak 115 Gugatan Ke MK Baru 1 yang di Terima

Tidak ada komentar 570 views

download (2)Jakarta,Riauandalas.com – hari ini Mahkamah Konstitusi (MK) telah memutus 115 gugatan sengketa Pilkada dari total 147 gugatan yang ditangani. Hingga hari ini, dari seratus lebih gugatan yang diputus, MK baru menerima satu gugatan sengketa Pilkada, yakni sengketa Pilkada Halmahera Selatan.

Dalam persidangan hari ini, Senin (25/1/2016), majelis hakim konstitusi  menyidangkan 26 gugatan sengketa Pilkada. Dari jumlah itu, tak ada satupun yang diterima.

Berbagai landasan hukum digunakan para hakim konstitusi untuk menolak semua gugatan yang disidangkan hari ini. Mulai dari legal standing pemohon yang tidak sesuai dengan ketentuan Pasal 158 UU 8 tahun 2015 yang mengatur soal ambang batas selisih suara yang boleh diajukan gugatan ke MK hingga adanya gugatan yang telat dilayangkan.

Sejak awal, Pasal 158 memang menjadi senjata ampuh bagi MK untuk menolak gugatan yanng dilayangkan. Pasalnya, sebagian besar para pemohon memang memiliki selisih suara yang jauh dari ketentuan Pasal 158,  bahkan ada pemohon yang selisih suaranya 60 persen lebih dengan peraih suara terbanyak.

Adapun 26  gugatan yang ditolak hari ini adalah gugatan sengketa pilkada:

Kabupaten Lima Puluh Kota, Kabupaten Supiori, Kabupaten Pulau Taliabu, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Kabupaten Ketapang, Kabupaten Kapuas Hulu, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Sragen, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Karangasem, Kabupaten Tanah Bambu, dan Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara).

Kabupaten Tanah Tidung, Kabupaten Mamuju, Kabupaten Manggarai, Kabupaten Konawe Kepulauan, Kabupaten Kaimana, Kabupaten Buton Utara, Kabupaten Wakatobi, Kabupaten Manggarai Barat, Kabupaten Konawe Utara, Kabupaten Maluku Barat Daya, dan Kabupaten Seram Bagian Timur.

“Mengadili, menyatakan mengabulkan eksepsi  termohon dan eksepsi pihak terkait  mengenai kedudukan hukum atau legal standing pemohon.
Permohonan pemohon tidak dapat diterima,” kata Ketua MK, Arief Hidayat setiap membacakan putusan yang menolak gugatan para termohon dalam sidang yang digelar di gedung MK, Jl Medan Merdeka Barat, Jakpus.

Kini, masih tersisa 32 gugatan sengketa Pilkada yang belum diputus. Persidangan akan dilanjutkan besok untuk menentukan nasib 32 gugatan itu.
Akankah ada lagi gugatan yang diterima para majelis hakim konstitusi?
(kha/detik/Hendri)***

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Sebanyak 115 Gugatan Ke MK Baru 1 yang di Terima"