Ribuan Pejabat dan PNS Pemko Peringati hari jadi Pekanbaru Ke 231

example banner

PEKANBARU(riauandalas.com)–Semarak perigatan HUT Pekanbaru ke 231, tahun 2015, ribuan PNS dan pejabat di lingkungan Pemko Pekanbaru gelar upacara, di halaman kantor walikota, dengan Pembina upacara Walikota Pekanbaru DR H Firdaus ST MT, dan dihadiri oleh para muspida, Wakil Walikota Ayat Cahyadi, Sekdako HM SYukri Harto, Selasa (23/6).

Walikota Pekanbaru Pimpin Upacara hari Hut 231

Walikota Pekanbaru Pimpin Upacara hari Hut 231

Dalam upacara tersebut juga dilakukan penyerahan hadiah keluraha berprestasi, kelurahan bersih, dan anak-anak berpretasi di Kota Pekanbaru. Upacara berlangsung khidmat, dan tidak ada kejanggalan selama upacara berlangsung.

PIDATO WALIKOTA PADA UPACARA HUT PEKANBARU KE 231

PESERTA UPACARA YANG BERBAHAGIA,

HARI INI  SELASA, 23 JUNI 2015, JAJARAN PEMERINTAH KOTA PEKANBARU BESERTA SELURUH WARGA KOTA PEKANBARU MEMPERINGATI HARI JADI PEKANBARU KE–231,  DENGAN PENUH RASA SYUKUR  KEHADIRAT ALLAH SWT, TUHAN YANG MAHA ESA ATAS SEGALA NIKMAT DAN KARUNIA YANG DILIMPAHKAN KEPADA KITA.

Walikota Pekanbaru dan Muspida Melihat Mobil Abulane yang di serakan BNI

Walikota Pekanbaru dan Muspida Melihat Mobil Abulane yang di serakan BNI

PERINGATAN   HARI  JADI PEKANBARU        KE–231INI, SEKALIGUS MERUPAKAN WUJUD SYUKUR KEPADA ALLAH  DISERTAI RASA  CINTA DAN BANGGA, DAN UNGKAPAN  TERIMA KASIH KITA, WARGA KOTA PEKANBARU, KEPADA PENDIRI KOTA INI YAITUALMARHUM SULTAN DJALIL ALAMUDDINSYAH (MARHUM BUKIT) DAN SULTAN MUHAMMAD ALI ABDUL DJALIL MUAZAMSYAH (MARHUM PEKAN).  DAN KEPADA SELURUH TOKOH PENTING YANG TELAH MEMBANGUN DAN MEMBESARKAN KOTA PEKANBARU SEJAK DULUNYA  HINGGA DALAM KONDISI SEPERTI SAAT INI.

Walikota Pekanbaru Memberikan Piala Kepada Pemenang Cerita tingkat Pelajar Sekolah Dasar

Walikota Pekanbaru Memberikan Piala Kepada Pemenang Cerita tingkat Pelajar Sekolah Dasar

PARA PESERTA UPACARA YANG BERBAHAGIA,

DI HARI JADI PEKANBARU KE-231 INI, KITA SELURUH MASYARAKAT KOTA PEKANBARU, PATUT BERBAHAGIA DAN BERBANGGA HATI, KARENA MELALUI KERJA KERAS DAN KERJASAMA SELURUH ELEMEN MASYARAKAT, PADATAHUN 2014 YANG LALU KOTA PEKANBARU TELAH MENDAPAT 14 (EMPAT BELAS) PENGHARGAAN BERGENGSI. DAN ALHAMDULILLAH, KITA SEMUA PATUT BERSYUKUR ATAS KERJASAMA DAN KOORDINASI YANG SEMAKIN BAIK OLEH SEMUA PIHAK.

DAN PADA AWAL TAHUN 2015 SAMPAI DENGAN HARI INI, KOTA PEKANBARU KEMBALI MERAIH 5 (LIMA)PRESTASI BERGENGSI TINGKAT NASIONAL DIANTARANYA:

1.  PEKANBARU SEBAGAI KOTA TUJUAN INVESTASI TERBAIK DI INDONESIA 2015;

2.  SEBAGAI  PEMERINTAH KOTA YANG MEMILIKI TATA KELOLA PEMERINTAHAN TERBAIK DI INDONESIA TAHUN 2015;

3.  KOTA TERBAIK, TERMUDAH, TERMURAH DAN TERCEPAT DI INDONESIA DALAM URUSAN PERIZINAN, DARI DEWAN PENGURUS    PUSAT REAL ESTATE INDONESIA (DPP REI) TAHUN 2015;

4.  SATU-SATUNYA KOTA BESAR MAUPUN KOTA METROPOLITAN YANG MERAIH PENGHARGAAN TERBAIK NASIONAL DALAM PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (PTSP) DARI 89 KOTA YANG ADA DI INDONESIA.

5.  PEMERINTAH KOTA PEKANBARU, BERHASIL MERAIH PENGHARGAAN KOTA TERBAIK ATAU“TITTLE DIAMOND” VERSI TEMPO MEDIA GRUP BEKERJA SAMA DENGAN FRONTIER CONSULTINGUNTUK TAHUN 2015.

NAMUN KITA TIDAK BOLEH PUAS DAN TERLENA OLEH PERNGHARGAAN DAN PRESTASI YANG KITA DAPATKAN SAAT INI, TETAPI MARI KITA JADIKAN CAMBUK DAN EVALUASI SEBERAPA JAUH KEBERHASILAN  KINERJA KITA PADA PERTENGAHAN TAHUN 2015 INI. MARI KITA BERSINERGI DALAM MENINGKATKAN RASA MEMILIKI (SENSE OF BELONGING) TERHADAP KOTA PEKANBARU PADA DIRI KITA MASING-MASING, AGAR KITA TERMOTIVASI UNTUK MENJAGA DAN MERAWAT KOTA PEKANBARU YANG KITA DIAMI, DEMI KEBAIKAN KITA BERSAMA.

HADIRIN DAN JEMPUTAN MAJELIS YANG BERBAHAGIA,

SEJALAN DENGAN TEMA HARI JADI TAHUN INI,MELALUI HARI JADI KE-231 “KITA WUJUDKAN PEMBANGUNAN MASYARAKAT YANG MANDIRI, TANGGUH, DAN BERDAYA SAING MENUJU VISI PEKANBARU MADANI 2034, OLEH KARENA ITU, DI DALAM MENJALANKAN AMANAH YANG DIMANDATKAN OLEH MASYARAKAT DALAM PERJALANANNYA MENUJU KOTA METROPOLITAN MADANI, PEMERINTAH KOTA PEKANBARU MEMILIKI FALSAFAH KERJA SEBAGAI PEDOMAN DALAM MENJALANKAN TUGAS, YANG TERANGKUM DALAM TRILOGI PEMBANGUNAN :

 PERTAMA, DIMENSI AKHLAK YANG MERUPAKAN DIMENSI DASAR YANG MENUNTUN KITA UNTUK SELALU BEKERJA SECARA PROFESIONAL, AMANAH DAN SANTUN;

KEDUA, DIMENSI KUALITAS YANG MENUNTUT KITA UNTUK DISIPLIN, KREATIF DAN INOVATIF;

KETIGA, DIMENSI KARAKTER, YAITU  BEKERJA KERAS, BERGERAK CEPAT, BERTINDAK TEPAT DAN TUNTAS.

BERBAGAI ASPEK KERJA YANG KITA PERSIAPKAN UNTUK MENJADIKAN KOTA PEKANBARU SEBAGAI KOTA METROPOLITAN YANG MADANI TENTUNYA TIDAK TERLEPAS DARI USAHA BERSAMA MEMBANGUN PEMAHAMAN MASYARAKAT DAN SELURUH PIHAK YANG ADA DI KOTA BERTUAH INI UNTUK TAHU DAN BETAPA PENTINGNYA MAKNA DARI  MASYARAKAT MADANI.

 

PESERTA UPACARA YANG BERBAHAGIA

 

MARI KITA TERUS BERBENAH  MELAKUKAN REVISI TATANAN KOTA PEKANBARU DENGAN PENEKANAN KOTA MODERN BERASAS SMART CITY, LIVEABLE CITY, DAN GREEN CITY.  

SEJALAN DENGAN HAL ITU, KITA  JUGA TENGAH MEMPERBAHARUI PERSPEKTIF PEMBANGUNAN KOTA DENGAN MEREALISASIKAN KERJASAMA KAWASAN KOTA PEKANBARU DENGAN DAERAH-DAERAH SEKITAR, YAITU KABUPATEN SIAK, KAMPAR DAN PELALAWAN DENGAN NAMA “PEKAN SIKAWAN” MELALUI AGREEMENT SECARA FORMAL YANG DISAKSIKAN OLEH DIRJEN PEMBANGUNAN DAERAH KEMENTERIAN DALAM NEGERI.

KITA JUGA TELAH MELAKUKAN LANGKAH-LANGKAH PROMOTIF UNTUK MEMPERKENALKAN BRAND KOTA PEKANBARU SEBAGAI KOTA TUJUAN INVESTASI KEPADAPUBLIC SECARA LUAS ANTARA LAIN MELALUI PUBLIKASI MEDIA DAN MELALUI SILATURAHMI DENGAN KELOMPOK-KELOMPOK DUNIA USAHA DAN STAKEHOLDER LAINNYA.

PARA PESERTA UPACARA YANG BERBAHAGIA,

DALAM PEMBANGUNAN EKONOMI, KITA JUGA TERUS BERBENAH MENINGKATKAN TINGKAT PEREKONOMIAN MASYARAKAT KOTA PEKANBARU.

PADA TAHUN AWAL 2012 APBD KOTA PEKANBARU NAIK MENJADI 2,8 TRILIUN DAN DI TAHUN 2015  SEBESAR 3,34 TRILIUN RUPIAH DAN JIKA DIBANDINGKAN  DENGAN TAHUN LALU, MAKA HAL INI MENGALAMI KENAIKAN 100% LEBIH. HAL INI MEMBUKTIKAN BAHWA PERKEMBANGAN DAN PENDAPATAN KOTA PEKANBARU TERUS MEMBAIK DAN MENINGKAT DARI TAHUN KE TAHUNNYA.

DALAM HAL PEMBANGUNAN SUMBER DAYA MANUSIA YANG MEMEGANG PERANAN KUNCI DALAM PROSES PEMBANGUNAN YANG SEDANG KITA GESA, JUGA TERJADI PENINGKATAN KUALITAS SUMBERDAYA MANUSIA YANG DIGAMBARKAN OLEH INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA MENGALAMI PENINGKATAN DARI DATA YANG ADA, TERCATAT INDEX PEMBANGUNAN MANUSIA ATAU (IPM) KOTA PEKANBARU ADALAH SEBESAR 78,72, MELEBIHI IPM TERTINGGI DARI PROVINSI RIAU 76,52, DAN MELEBIHI IPM NASIONAL YANG HANYA  72,77.

 

PARA PESERTA UPACARA YANG BERBAHAGIA,

KITA MENYADARI, BAHWA MASIH BANYAK PERMASALAHAN DIHADAPAN YANG MEMERLUKAN PERHATIAN DAN PENANGANAN SERIUS DARI KITA SEMUA. UNTUK ITU,  KEPADA SELURUH JAJARAN MUSPIDA, DPRD, SELURUH INSTANSI DAN APARATUR SIPIL NEGARA DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KOTA PEKANBARUSERTA SELURUH STAKEHOLDER TERKAIT, YANG DIBERI AMANAH UNTUK MELAYANI MASYARAKAT DI KOTA PEKANBARU, KAMI MENGAJAK  UNTUK  SALING BERSINERGI UNTUK TERUS MENINGKATKAN KINERJA DAN DISIPLIN DALAM MELAKSANAKAN BERBAGAI TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB. PEDOMANI MOTTO BEKERJA KERAS, BERGERAK CEPAT, BERTINDAK TEPAT DAN TUNTAS YANG DILANDASI  OLEH KEIKHLASAN DAN NIAT BAIK, DENGAN DEMIKIAN KITA  AKAN DAPAT MELAKSANAKAN SELURUH ASPEK PEMBANGUNAN DI KOTA PEKANBARU DENGAN OPTIMAL. 

AKHIRNYA, MARI KITA JADIKAN PERINGATAN HARIJADI PEKANBARU KE-231 TANGGAL 23 JUNI 2015 INI, SEBAGAI MOMEN MENAMBAH SEMANGAT, KEKUATAN, DAN MOTIVASI UNTUK MENCIPTAKAN KARYA-KARYA NYATA DAN PRESTASI SEHINGGA DAPAT MEMBERIKAN YANG TERBAIK UNTUK  NEGERI   TERCINTA, BUMI BERTUAH YANG KITA BANGGAKAN INI.

“TAK ADA GADING YANG TAK RETAK,

 KALAU TAK RETAK BUKANLAH GADING NAMANYA

 

DEMIKIANLAH  SAMBUTAN KAMI. SELAMAT HARI JADI PEKANBARU KE-231. SEMOGA ALLAH SWT, TUHAN YANG MAHA KUASA SENANTIASA MELIMPAHKAN RAHMAT DAN MAGHFIRAH-NYA BAGI KEMAJUAN DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT KOTA PEKANBARU.AMIIN….

 

SI PUTERI TUJUH HIKAYATNYA MELAYU

TANDA NEGERI BERTUAH NAN KAYA SENI

TAHNIAH PEKANBARU MASYARAKAT BERSATU

BERSAMA, MENUJU  KOTA METROPOLITAN MADANI

 

RENTAK PATAH MENGGUNCANG BUMI

ELOK BUNYINYA MENGGEMA HATI

SAMBUT GEMBIRA RAYAKAN HARI JADI

SATUKAN LANGKAH MEMBANGUN NEGERI