Riau Bisa Atasi Divisit Listrik, Kuncinya Kemauan PLN

Tidak ada komentar 409 views
example banner

23954413458ilustrasi-mati-lampu
PEKANBARU, Riau Andalas.com– Sesuai pernyataan Kepal Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Riau Syahrial Abdi hingga kini Riau masih devisit listrik 80 Mega Watt. Meskipun sudan ada gardu induk PLTU Tenayan Raya yang bekapasitas 2×110 Mega Watt, namun tetap belum mampu memenuhi kebutuhan kelistrikan di Riau.

Namun menurut Anggota DPRD Riau Riau bulkan tidak mampu atasi krisis listrik tersebut hanya saja tergantung kemauan pihak PLN untuk menbangun gardu induk. Pasalnya daerah lain yang kondisinya masih tergolong dibawah Riau bisa melaksanakan, initnya ada kemauan untuk masyarakat.

Hal itu disamapaikan Ketua Komisi C DPRD Riau Aherson. Menurutnya, jika devisit kelistrikan Riau itu kuncinya ada pada gardu induk. Jika gardu itu dipenuhi makan Riau akan terbabas dari krisis listrik.

“Sekarang ini, mau gak PLNnya nambah gardu induk, kalau tidak yang Riau akan devisit terus,” katanya.

Permasalahan ini katanya, bukan permasalahan baru lagi yang hampir tiap hari dan tiap waktu selalu bermasalah dengan masyarakat. Sementara permasalahanya selalu pada kemampuan gardu induk yang tidak sanggup.

Seharusnya, jika benar permasalahan itu di gardu induk, apa salahnya itu yang diupayakan lebih maksimal. Sehingga permasalahan bisa terjawab sebagaimana mestinya.

“Selama pusat permasalahanya tidak dibenahi, ya kedepanya akan terus bermasalah,” tutur politisi Demokrad ini. (Dr)