Rawat Tanaman Padi, Koptu Dedy Nofery Samosir Bantu Petani Rimbo Hapar

ROKAN HULU, Riauandalas.com– Terik matahari saat itu sangatlah ekstrim, namun tidak menyurutkan sedikit pun semangat Bintara Pembina Desa (Babinsa) dari Koramil 02 Rambah Kodim 0313/KPR dalam pendampingan petani, diwilayah teritorialnya.

Seperti yang dilakukan Koptu Dedy Nofery. Samosir dengan sabar melakukan pembersihan gulma (rumput) dan penyemprotan hama dilahan pertanian kelompok Tani Rimbo Hapar bersama petani yang berada di Desa Suka Maju Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu.

Mereka turun ke sawah, dan kaki pun mulai tenggelam dalam lumpur, ‘plok’ (bunyinya). Lalu menunduk dan mencabut satu persatu gulma yang terlihat.

Dengan mengunakan jenis padi Logawa yang sumber bibit dari PT. Pertani (Ngudi Subur) yang berada di Desa Rambah Baru Kecamatan Rambah Samo. Koptu Dedy terus memantau perkembangan padi milik petaninya.

Seperti diketahui, Babinsa Koramil 02 Rambah ini, selalu membantu dan mendampingi para Petani dalam bercocok tanam padi hingga sampai menjelang panen. Hal itu dilakukan semata-mata untuk meningkatkan hasil para petani dalam mencapai swasembada pangan sesuai keinginan Pemerintah.

“Ya, kegiatan ini selalu kita pantau”, ungkap Koptu Dedy Nofery Samosir, di areal persawahan Kelompok Tani Rimbo Hapar, jumat (02/02/2018).

Dia (Koptu Dedy) menceritakan saat menjabat sebagai Babinsa Desa Suka Maju. Dimana, luas lahan yang ada di kelompok Tani Rimbo Hapar masih seluas 5 Hektar.

“Saat pertama kali saya menjabat sesuai surat perintah Danramil 02 Rambah sebagai Babinsa di Desa Suka Maju, lahan petani kita ya masih 5 Hektar”, ungkapnya.

“Hingga sampai saat ini, lahan pertanian kita sudah mulai bertambah satu hektar lagi, dan sekarang luas lahannya sudah menjadi 6 Hektar. Dan kedepannya bisa bertambah lagi”, tegasnya.

Dapat diketahui, Koptu Dedy Nofery. Samosir, merupakan salah satu dari sekian banyak Babinsa yang ada di Kodim 0313/KPR.

Dimana, selain menjabat sebagai Babinsa, dia juga menjabat sebagai Staf dan penerangan Humas Koramil 02 Rambah ini, sangat dikenal dekat dengan awak media yang ada dikabupaten Rokan Hulu.

“Kalau saya cari teman gak pernah milih-milih yang penting baik dan ramah, bisa ditanya sendiri dengan yang lain. Memang, kalau sama rekan-rekan kita dari awak media, kita sering ketemu, tegur sapa, tukar informasi, sambil ngopi-ngopi lah”, terangnya.

Tampak Koptu Dedy, setelah melaksanakan mencabut gulma melanjutkan menyemprotan, guna mengantisipasi hama jika ingin menyerang padi petaninya.

“Antisipasi hama itu harus dilakukan. Jika kita temukan, saya selalu berkoordinasi dengan pejabat UPTD Rambah. Harapan kami, para petani yang ada di kelompok Tani Rimbo Hapar, sukses selalu”, harapnya.

“Kita juga sudah sampaikan ke petani, jika ada menghadapi kendala tentang kegiatan pertanian, jangan segan-segan untuk melaporkan atau menyampaikan ke saya atau PPL”, bebernya.

Hadir dalam kegiatan, Ketua Kelompok Tani Rimbo Hapar, Anwar Daulay, Seketaris Kelompok Tani Rimbo Hapar, Nahar, Ketua P3A (Perkumpulan Petani Pemakai Air) Sulaiman Daulay.