Puluhan Ribu Warga Rohul Antusias Semarakan Malam Takbiran Idul Adha 1437 H.

example banner
visual-takbiran-idul-adha-avi_000138142
ROKAN HULU, Riau Andalas.com – Pelaksanaan pawai malam takbir Hari Raya Idul Adha 1437 H yang dipusatkan di Jalan Tuanku Tambusai, tepatnya di depan Masjid Agung Madani Islamic Centre Pasirpengaraian, Ahad (11/9) berlangsung meriah.

Selain kumandangan Takbir, Tahlil dan Tahmid meng esakan asma allah SWT, kemeriahan malam takbiran juga begitu semarak dengan arak-arakan puluhan mobil hias bernuansa islami dari Masjid se Kecamatan Rambah.

Pelepasan pawai takbir malam Hari Raya Idul Adha 1437 H ini ditandai dengan pemukulan beduk yang dilakukan Plt Bupati Rohul H.Sukiman, Ketua DPRD Rohul Kelmi Amri SH, Kapolres Rohul AKBP Yusuf Rahmanto, Sekretaris Daerah Kabupaten Rokan Hulu Ir.Damri Harun, Kakan Kemenag Rohul Achmad supardi dan disaksikan Kepala Dinas Badan Dan Kantor di lingkungan pemkab rohul serta Ribuan masyarakat yang hadir menyemarakan malam takbiran hari raya idul adha 1437 H.
visual-takbiran-idul-adha-avi_000147513
Dalam Laporanya Asisten II Ekonomi Pembangunan yang juga ketua panitia takbiran idul adha 1437 H, Syaiful Bahri, menyebutkan, kegiatan pawai takbiran ini dimaksudkan untuk menghidupkan serta menyenmarakan syiar islam di rokan hulu. Selain itu melalui kegiatan ini diharapkan dapat Merajut ukwah islamiyah pada umat muslim di Rohul.

Lebih lanjut Syaiful menjelaskan, sekitar 30 masjid dalam kota pasir pengaraian ikut ambil bagian menampilkan kendaraan hias. seluruh peserta akan dinilai tim penilai yang terdiri dari polres rohul terkait keamanan dan ketertiban, dinas Pariwisata dan kebudyaan yang menilai kesesuaian dan momen, serta Kemenag Rohul yang akan menilai keindahan lafadz takbiran.

” Bagi masjid yang terbaik akan diberikan hadiah Rp 15 juta rupiah, juara II Rp 13 juta dan juara III Rp 10 juta” jelasnya.

sementara itu, Dalam sambutanya, Plt Bupati Rohul Sukiman memberikan apresiasi terhadap kemeriahan Pawai takbiran hari raya idul adha 1437 H ini. Menurutnya, kemeriahan ini menandakan tumbuhnya persatuan dan kesatuan pada umat muslim di negeri seribu suluk.

“Saya Mengajak masyarakat rohul mari bersatu padu menjaga persatuan dan kesatuan sehingga rohul menjadi negeri yang damai aman” pesanya.

Kemudian masih dalam sambutanya, plt Bupati menhimbau umat muslim di Rokan hulu untuk mengambil iktibar dari keimanan nabi ibrahim AS dan anaknya Nabi Ismail AS. Sebagai bentuk kecintaanya kepadaa allah SWT, keduanya merelakan seluruh jiwa dan raganya, meski pada akhirnya allah menggantinya dengan hewan domba.

“Maknanya momentum raya idul adha ini merupakan menghilangkan sifat kehewanan kita dan menggantinya dengan keyakinan dan keinaman yang tinggi kepada allah Swt, seperti yang sudah dicontohkan nabi ibrahim AS dan ismail AS” sebutnya.

Meski menyebabkan kemacetan di ruas jalan tuanku tambusai pelaksanaan pawai takbiran di pasirpengaraian ini tetap berlangsung tertib dan lancar. Tidak ada insiden yang terjadi berkat pengamanan ketat dari aparat kepolisian, satpol pp rohul dan juga dinas perhubungan rohul. (Adv/Humas)