Progres Tak Ada, Jalan Tol Terancam Gagal

Tidak ada komentar 915 views
example banner

jalan-tol-pekanbaru-dumai

PEKANBARU, Riau Andalas.com-Perealisasian Jalan Tol Pekanbaru-Dumai terancam gagal dan hanya harapan dari pemerintah. Pasalnya hingga kini progres pembangunan tersebut tidak ada progres dan masih dalam bermasalah. Diantaranya pembebasan lahan yang tak kunjung tuntas akibat anggaran daerah mengalami defisit.

Menurut Sekretaris Komisi D DPRD Riau Asri Auzar, anggaran pembebasan lahan yang memiliki panjang sekitara 135 kilometer sebelumnya telah dianggarkan sebesar Rp974 miliar dari APBD dan Rp 17,347 triliun dari APBN untuk konstruksi. Namun anggaran itu belum bisa dialokasikan secara keseluruhan karena terkendala belum terlaksananya Groundbreking. Sehingga pelaksanaanya hanya informasi angin surga dan pemberian harapan.

Diakuinya, proses pembebasan lahan yang sudah diselenggarakan selama ini baru sekitar 15-20 kilometer dari total 135 kilometer. Sehingga dari pembebasan lahan tersebut sangat tipis harapan bisa diselenggarakan dalam tahun 2016 ini.

Mamang tanbahnya, pembangunan jalan tol ini akan memberikan dampak luas pada masyarakat maupun daerah. Karena akan memberikan peluang atau membuka jalan bagi investior masuk ke daerah. Namun jika pelaksanaan tidak lepas dari permasalahan, maka pembangunan akan terus seperti ini yang tidak akan berjalan sesuai rencana.

“Makanya pembangunan jalan tol ini hanya angin surga oleh pemerintah pusat,” tuturnya. (Dre)