Polres Rohul Laksanakan Apel Gelar Pasukan Ops Mantap Brata Muara Takus 2018.

example banner

ROKAN HULU, Riauandalas.com – Kepolisian Resor (Polres) Rokan Hulu (Rohul), akan libatkan 650 personel Polri dalam pengamanan dan pengawalan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Kapolres Rohul AKBP M. Hasyim Risahondua,yang diwakili Waka Polres Rohul Kompol Willy Kartamanah, mengatakan kepada wartawan usai memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Muara Takus 2018 di Taman Kota Pasir Pangaraian, Rabu (19/9/2018) pagi.

“Pengawalan dan pengamanan di 1.515 TPS tersebar di 16 kecamatan se-Rohul. Personel Polri libatkan 650 prsonel, terdiri 571 personel Polres Rohul ditambah 150 personel dari Polda Riau yang akan mulai turun H-3 hari pencoblosan Pemilu 2019,” kata Wakapolres Rohul.

Kemudian, dalam pelaksanaan Operasi Mantap Brata 2018 dilakukan serentak di seluruh jajaran Polri di Indonesia, dan merupakan suatu gelaran bagian dari operasi terpusat‎ Kepolisian.

“Tujuannya untuk pengamanan dan pengawalan terhadap Pemilu 2019, dalam hal ini Pemilihan Legislatif serta Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden,” jelas Kompol Willy.

Disebutkan Kompol Willy, untuk pengamanan dan pengawalan Pemilu 2019, Polres Rohul telah membuat rencana-rencana dan tahapan, disesuaikan dengan tahapan dilakukan KPU. Polres Rohul sudah memetakan tingkat kerawan dan karateristik kekhasan di setiap daerah, baik aspek demografi dan geografi seperti letak Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berjauhan.

“Ini diantisipasi dengan adanya penambahan TPS dan pelibatan pasukan dan bantuan kendali operasi dari satuan atas,” ujarnya.

Kemudian, sistem pengamanan disesuaikan jumlah personel Polri dan Linmas‎, bekerjasama dan bersinergi dengan unsur TNI. Kemudian terkait sistem pengamanan yang akan dilakukan Polri di 1.515 TPS yang jumlahnya tidak sebanding dengan jumlah personel, juga nantinya akan menyesuaikan pola yang ada, seperti pola aman dan pola khusus.

“Namun dengan adanya tambahan 150 personel dari Polda Riau, sesuai hasil pemetaan maka kita upayakan semaksimal mungkin untuk‎ mencukupi proses pengamanan di setiap TPS, dan itu tentunya disesuaikan dengan pola,” tambahnya.

Kata Kompol Willy, Operasi Mantab Brata 2018 akan dilaksanakan selama 397 hari, terhitung mulai 20 September 2018 sampai 21 Oktober 2019 di seluruh wilayah Indonesia, dan melibatkan 272.886 personel Polri,  bertemakan “Kita Tingkatkan Sinergi Polri Dengan Instansi Terkait Dalam Rangka Mewujudkan KAMDAGRI Yang Kondusif”, dengan komandan apel Kanit Laka Satlantas Polres Rohul Ipda Efendi Lupino‎, turut dihadiri Ketua DPRD Rohul Kelmi Amri SH, Kajari Rohul Freddy Daniel Simanjutak.

Juga hadir juga Ketua KPU Rohul Fahrizal, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Pasirpangaraian‎, perwakilan dari Bawaslu Rohul, para perwira serta para Kapolsek di jajaran Polres Rohul, dan personel TNI.***( Alfian Tob)